Musdus Tiga Dusun di Desa Batu Bulan Rampung

Bagikan berita

Samotamedia.com – Musyawarah Dusun (Musdus) di Desa Batu Bulan Kecamatan Moyo Hulu berakhir sukses. Musdus dilaksanakan selama tiga malam, terhitung dari 14 hingga 16 Juli.

Musdus pertama digelar Selasa malam di Dusun Ai Mena, berlanjut pada malam berikutnya di Dusun Ai Masam dan berakhir di Dusun Batu Bulan.

Kepala Desa Batu Bulan Yunus Syufriadi Bakri mengatakan, Musdus di tiga dusun berjalan aman dan lancar. Berbagai aspirasi mengemuka untuk selanjutnya dibahas pada Musyawah Desa untuk ditetapkan Perdes RPJMDes sebagai konstruksi arah pembangunan desa 6 tahun.

”Aspirasi Rata-rata berkembang setiap dusun. Adalah persoalan infrastruktur seperti jalan desa dan lingkungan. Drainase, pempat pembuangan sampah, pengelolaan limbah rumah tangga, peningkatan JUT dan jaringan irigasi,” ungkap Bang Uno, akrab Kades Batu Bulan disapa.

Baca juga:  Lomba Kampung Sehat Jilid II Siap Digelar

Kegiatan tersebut dihadiri oleh tokoh agama, tokoh masyarakat, perangkat desa, BPD dan kelompok perempuan. ”Terima kasih atas kehadiran Bapak H. Sudarli M Tahir Kades Batu Bulan Periode 2013 – 2019 telah memberikan petua dan petiti,” ucapnya.

Untuk diketahui, Musdus merupakan kegiatan musyawarah yang dilaksanakan oleh masyarakat dusun. Untuk menganalisa kondisi wilayah masing-masing yang mencakup permasalahan-permasalahan yang sering terjadi untuk dicarikan solusi.

Pada kesempatan musyawarah tersebut masyarakat melakukan penggalian potensi permasalahan, potensi sumberdaya yang dimiliki serta menemukan pemecahan dari permasalahan yang dihadapi.

Melalui musayawarah tersebut lahir rangkuman potensi permasalahan serta bentuk kegiatan yang dibutuhkan guna memberi solusi terhadap permasalahan yang dihadapi. Kemudian disusun dalam bentuk program kerja dusun yang menjadi bahan usulan kegiatan di tingkat desa. (red)

Baca juga:  Terus Menggeliat, 25 BUMDes di Sumbawa Masuk Kategori Maju

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...