Pelindo III Badas Dorong Pemerintah Ekspor Langsung Ikan Sumbawa

Bagikan berita

SUMBAWA – Pelindo III Badas akan mendorong supaya Kabupaten Sumbawa bisa langsung mengekspor ikan melalui Pelabuhan Badas. Selama ini, ekspor ikan Sumbawa dilakukan melalui Bali dan Jawa Timur.

General Manajer Pelindo III Badas Tri Sugiyatno mengungkapkan bahwa sumber daya perikanan Sumbawa sangat potensial.

Berdasarkan data BPS tahun 2020, potensi lahan sumber daya perikanan Sumbawa 9.014.176,63 Ha dengan potensi produksi sebesar 1.320.764,07 ton. Pemanfaatan lahan sebesar 16.626,08 Ha dengan tingkat produksi 665.030,35 ton.

Namun disayangkan, selama ini ikan Sumbawa tidak diekspor langsung dari Sumbawa. Malainkan melalui daerah lain seperti Bali dan Surabaya. Sehingga Sumbawa tidak mendapatkan apa-apa karena devisanya masuk ke daerah bersangkutan.

Baca juga:  Pelaku Wisata Keluhkan Buka-Tutup Destinasi Wisata Selama Pandemi

Dikatakan Tri, selama ini ikan dari Sumbawa dikirim menggunakan truk ke luar daerah. Di sana kemudian dilakukan pengepakkan untuk diekspor ke negara tujuan.

Jika pemerintah bisa langsung melakukan ekspor, maka perekonomian terdongkrak dan pengusaha pun akan lebih diuntungkan. ”Banyak potensi sebenarnya di Sumbawa ini yang belum tergali. Salah satunya hasil laut. Selama ini ekspor melalui Bali, Jawa Timur,” bebernya.

Ke depan, Pelindo akan mendorong pemerintah daerah agar pengiriman ikan dapat dilakukan langsung dari Sumbawa. Perusahaan besar di Surabaya akan diupayakan untuk mendatangkan kontainer ke Sumbawa.

“Perusahaan besar yang punya peti kemas di luar itu kita bawa ke sini. Di sini perlu sepuluh. Nanti kalo containernya dari sini, izin clereance dari sini. Nah kalau izin clereancenya dari sini, devisanya masuk sini,” jelasnya.

Baca juga:  Membangkitkan Semangat dan Simpati di Tengah Krisis

Menurutnya, Pelindo telah berkoordinasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa. Termasuk dengan sejumlah pengusaha ikan. Tri juga berencana untuk menemui Bupati Sumbawa terpilih setelah resmi dilantik.

Di samping itu, Pelindo juga akan menambah fasilitas di darmaga. Diantaranya pemasangan cok rool untuk mempermudah proses pendinginan di tempat penyimpanan ikan. (Cr-IAG)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...