Pemkab Sumbawa-Kejari Tekan MoU Bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara

Bagikan berita

SUMBAWA, Samotamedia.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa bersama Kejaksaan Negeri Sumbawa menandatangani perjanjian kerjasama (MoU) bantuan hukum perdata dan tata usaha negara.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah dan Kepala Kejasanaan Negeri Sumbawa, Dr. Adung Sutranggono, S.H.,MHum di Kantor Bupati Sumbawa pada Senin (13/2/2023).

Hadir Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Ketua Pengadilan Negeri Sumbawa dan para asisten.

Bupati mengatakan, perlindungan dan pendampingan hukum memang sangat dibutuhkan pemerintah daerah terutama ketika berhadapan dengan persoalan hukum perdata dan tata usaha negara.

Dengan perjanjian kerjasama ini diharapkan penyelesaian masalah hukum Pemkab Sumbawa di bidang perdata dan tata usaha negara akan lebih cepat dan tepat sasaran.

Selain itu, Pemkab dan kejaksaan juga harus intens berkoordinasi untuk keperluan pemberian bantuan hukum, pertimbangan hukum, konsultasi hukum dan tindakan hukum lainnya.

‘’Perlu saya tegaskan bahwa perjanjian kerjasama ini hanya dalam bidang perdata dan tata usaha negara,’’ katanya.

‘’Jangan ada kesan di tengah masyarakat bahwa dengan perjanjian kerjasama  ini, Pemkab Sumbawa berusaha membatasi wewenang kejaksaaan untuk memeriksa aparat Pemkab Sumbawa dalam bidang pidana dan pidana khusus,” tambahnya.

Muara dari perjanjian kerjasama ini menurut Bupati adalah untuk melahirkan aparat Pemkab Sumbawa yang jujur, lurus dan bebas korupsi.

Pada kesempatan tersebut, bupati mengingatkan seluruh kepala OPD agar dalam menjalankan tugas dan kewajibannya harus sesuai aturan agar tidak terjadi penyimpangan.

“Meskipun sudah ada perjanjian kerjasama dengan Kejaksaan, kita harus senantiasa berhati-hati dalam pelaksanaan dan penatausahaan pemerintahan di Kabupaten Sumbawa.

Semaksimal mungkin menghindari potensi terjadinya masalah perdata, serta meminimalisir terjadinya mal-administrasi,’’ pungkasnya. (Red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...