Pemuda Nyatakan Komitmen Sukseskan Batu Tering SMART

Bagikan berita

SUMBAWA – Pemuda Desa Batu Tering menyatakan komitmennya untuk menyukseskan visi Batu Tering SMART. Ini adalah visi Kades Batu Tering Periode 2020/2026.

SMART adalah akronim dari Sehat, Mandiri, Aman, Religius dan Transpran.

Komitment kaum muda ini mengemuka dalam hearing dan silaturrahim antara Pemuda dengan Pemerintah Desa di Kantor Desa belum lama ini.

Dalam forum tersebut Kepala Desa, Alwan Hidayat didampingi BPD menjelaskan gambaran umum tentang visi misi Batu Tering SMART.

Dijelaskannya, SMART selain bermakna adaptif, berkemajuan dan konstruktif juga dalam implementasinya fokus pada Lima skala program prioritas.

Sehat akan fokus pada program kesehatan masyarakat. Mandiri, akan fokus pada membangun kemandirian masyarakat berbasis membangun ketahan pangan.

Aman, mengangkut ketertiban masyarakat dan lingkungan. Religius, penguatan nilai keagamaan yang bernafaskan adat barenti ko syar’i dan syar’i barenti Lo kitabullah.

Sedangkan Transparan menyangkut pelaksanaan dan proses pembangunan melalui mekanisme yang baik dan benar. Yakni melalui musyawarah dusun, Musrenbangdes.

Baca juga:  37 Warga Batu Bulan Terima Paket Sembako JPS Gemilang

Baca juga: BLT DD Berlanjut Hingga September

”Dengan demikian sasaran dan ketepatan arah pembangunan bisa berjalan sesuai dengan harapan masyarakat,” jelas Alwan.

Di samping itu, SMART juga berarti cerdas. SMART akan dituangkan dalam RPJM desa untuk masa waktu enam tahun ke depan. ”SMART nantinya akan dituangkan dalam RKP Desa yang bersifat tahunan,” terangnya.

“Saat ini Pemdes sedang dalam masa penyiapan penyusun RPJM Desa kehadiran sahabat muda memberikan inspirasi dan asupan pemikiran bagi sasaran pembangunan,” tambah Alwan, memberi apresiasi.

Oleh karenanya, pemuda dan masyarakat diharapkan untuk ikut mengawal Batu Tering SMART demi terwujudnya perubahan ke arah yang berkemajuan dan konstruktif.

Sementara itu, Ketua BPD, Harianto mengharapkan masukan dari masyarakat, terutama kaum muda.

Setiap aspirasi diharapkan melalui BPD sebagai perwakilan masyarakat. Dia menjamin setiap aspirasi akan ditampung dan selanjutnya dibahas bersama kepala Desa.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua BPD M Zaidin. Dia mengapresiasi semangat dan sumbangsih pemikiran kaum muda. Ini penting demi terwujudnya misi pembangunan Batu Tering SMART.

Baca juga:  Konsolidasi Organisasi, Forsekdesi Nyatakan Siap Kawal Gugatan Dua Sekdes di PTUN

“Insya Allah kami BPD berada di barisan masyarakat untuk menyuarakan aspirasi yang bersifat membangun,” tegas Zaidin.

Di samping komitment mendukung visi Batu Tering SMART, pada kesempatan tersebut perwakilan pemuda menyampaikan sejumlah masukan. Mulai dari percepatan penyegaran karang taruna dan remaja masjid hingga pengelolaan destinasi wisata di Desa.

Ke depannya organisasi tersebut diharapkan dapat bekerja sesuai bidang Masing-masing. Di samping itu, Pemuda juga diharapkan untuk dilibatkan dalam pengembangan destinasi wisata desa.

Hadir sebagai perwakilan pemuda yakni Yunan Fachri, Satriawan, Chandra Irawan, Andi Warsyah, ARSYI, Anang Muslim, Katifa dan Husnul sebagai perwakilan perempuan. (red)

Baca juga: FK2D Siap Kawal Kasus Dugaan Penganiayaan Kades Lebin

Baca Juga: Uma Beringin Cairkan BLT DD Dua Bulan Sekaligus, Periode Juni Menyusul

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...