Penanganan Stunting, Kabupaten Bima Terbaik di NTB

Bagikan berita

BIMA,Samotamedia.com – Hasil penilaian Kinerja Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Provinsi NTB telah diumumkan. Kabupaten Bima kembali juara.

Penghargaan diserahkan pada pelaksanaan Rapat Koordinasi di Ruang Rapat Bappeda Provinsi NTB, Selasa (10/11).

Kabid PP Sosbud Bappeda Kabupaten Bima, Raani Wahyuni, ST, MT, M.Sc mengatakan, sebelumnya telah dilakukan kunjungan penilaian oleh Tim Provinsi ke masing-masing kabupaten/kota. Para juara telah diumumkan dan Bima sukses menjadi yang terbaik.

Prestasi Kabupaten Bima dalam penanganan stunting meningkat dari tahun lalu. Tahun lalu, Bima hanya di posisi ketiga di NTB.

”Tahun lalu, kabupaten Bima menempati terbaik III Se NTB pada lomba yang sama,” terangnya.

Menurutnya, perolehan prestasi ini diperoleh berkat adanya konvergensi, keterkaitan, kerjasama dan koordinasi yang padu lintas program dan lintas sektor. Mulai dari Perangkat Daerah, Kecamatan, Desa, PKM.

Baca juga:  UPDATE 13 Mei: 24 Sembuh 6 Positif Baru, Sumbawa Nambah 1

Di samping itu juga tak lepas dari kiprah dan peran berbagai kelompok dan individu. Sebagai ujung tombak pelayanan Posyandu dan PKK. Baik dari upaya penanganan spesifik maupun sensitif.

”Kuatnya koordinasi lintas sektor dalam penurunan stunting juga dinilai tim provinsi sebagai keberhasilan Tim Konvergensi Stunting Kabupaten Bima. Terdiri dari unsur Bappeda, Dikes, DPMD, Perkim, Dikpora, DKP, Dinsos, DP3AP2KB, Diskominfostik juga Kecamatan, Desa lembaga/ individu kader seperti Posyandu dan PKK,” terangnya.

Di samping itu, hadirnya inovasi Gebrak Bimantika yang juga mendapat apresiasi menjadi Top 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tingkat Nasional tahun ini.

Ada pun tiga besar penilaian Kinerja Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting, Kabupaten Bima juara I, disusul Lombok Timur sebagai Juara II dan Kabupaten Sumbawa di posisi ketiga. (Ard)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...