Pengurus Perserikatan BUMDesa Kabupaten Sumbawa Dilantik

Bagikan berita

SUMBAWA – Pengurus Perserikatan BUMDesa Indonesia (PBI) Kabupaten Sumbawa 2021-2024 dilantik. Pelantikan digelar dilantai di aula H Madelaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Selasa (9/3/2021).

Hadir langsung Plh Bupati Sumbawa, Drs H. Hasan Basri, MM dan Ketua PBI Provinsi NTB, Putri Munira, SE. Diikuti secara Daring oleh Ketua Dewan Pembina PBI Pusat, Prof. Djarot S Wisnubroto.

H. Hasan Basri dalam sambutannya mengungkapkan bahwa keberhasilan mewujudkan visi pembangunan daerah tidak terlepas dari peran dan fungsi lembaga perekonomian masyarakat desa sebagai motor penggerak perekonomian desa.

Dalam hal ini, BUMDes sebagai penggerak ekonomi desa mempunyai peran yang sangat strategis. Karena BUMDes menjadi ujung tombak penggerak usaha ekonomi dan pelayanan di desa, sekaligus sebagai cikal bakal pemulihan ekonomi secara nasional.

”Dengan adanya wadah organisasi Perserikatan BUMDesa Indonesia ini, diharapkan mampu berkiprah menjadi mediator, komunikator dan sekaligus koordinator bagi BUMDes-BUMDes yang ada di Kabupaten Sumbawa,” kata Haji Bas, akrab Plh disapa.

Baca juga:  Ingat! BLT DD Harus Transparan dan Tepat Sasaran

Haji Bas berharap para pengurus yang baru dilantik agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Pengurus diminta segera menyusun program kerja ke depan untuk memfasilitasi dan melakukan identifikasi terhadap potensi dan peluang usaha pengembangan BUMDes.

Pengurus juga diminta untuk membangun komunikasi dan koordinasi yang baik dengan PBI Provinsi maupun PBI Pusat. Guna mendorong terwujudnya produk unggulan desa maupun produk unggulan kawasan perdesaan.

Ketua PBI Provinsi NTB, Putri Munira meyakini pengurus PBI Sumbawa yang baru dilantik mampu memberikan manfaat dan menjadi mediator bagi BUMDes yang ada.

Dikatakannya, PBI hadir sebagai wadah untuk memfasilitasi BUMDes di tingkat desa dan kabupaten terkait informasi dan peluang-peluang program. Baik dari pemerintah daerah maupun pusat.

Baca juga:  Peduli Baturotok, Desa-desa di Sumbawa Galang Bantuan

”Saya mempunyai motto di PBI ini, sekali menjabat, seumur hidup memberi manfaat,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina PBI Pusat, Prof. Djarot S Wisnubroto dalam sambutan via daring menyampaikan bahwa peran BUMDes sangat penting.

Menurutnya, kemajuan BUMDes dan potensi desa merupakan salah satu faktor penunjang kekuatan ekonomi bangsa Indonesia ke depan.

”Selamat bertugas secara profesional, kepada para Pengurus Perserikatan Bumdesa Indonesia Kabupaten Sumbawa Periode 2021-2024,” tutup Djarot.

Untuk diketahui, PBI Kabupaten Sumbawa Periode 2021-2024 diketuai Muslimin, S.Pd. Muslim adalah Manajer Bumdes Kokar Ayan, Desa Buin Baru, Kecamatan Buer.

Hal ini sesuai SK Dewan Pengurus Daerah PBI Provinsi NTB Nomor: 002/SKEP/DPD.PBI/2021 tertanggal 5 Maret 2021. (Red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...