Penyaluran BLTDD Tahap II Batu Tering Rampung, Kades: Tak Ada Lagi Tahap III

Bagikan berita

SUMBAWA – Pemerintah Desa Batu Tering Kecamatan Moyo Hulu akhirnya merampungkan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap II. Serah terima batuan digelar di aula kantor Desa Senin, (23/11/ 2020).

Kepala Desa Batu Tering Alwan Hidayat, S. Pd. I, menyebutkan bahwa penyaluran BLT DD ada tuntutan Regulasi tentang penangan darurat Covid-19 tahun 2020. Dengan sasaran 147 Keluarga penerima manfaat (KPM).

Menurutnya, data tersebut telah sesuai dengan jumlah kumulatif pada tahap pertama. “Alhamdulillah tahap satu, dua kita sudah tunaikan sesuai ketentuan aturan berlaku,” kata Alwan.

Diungkapkan, pada penyaluran tahap ini ada tiga KPM yang tidak bisa menerima bantuan. Dua diantaranya sudah masuk dalam data penerima bantuan lainnya dan satu lainnya sudah pindah alamat tinggal di luar Desa Batu Tering. ”Ini sesuai dengan ketentuan aturan yang berlaku,” jelasnya.

Baca juga:  Prioritas Kades Olat Rawa 2021, dari BLT DD hingga Tanggul Penahan Banjir

”Terkait dengan tiga nama pengganti itu nanti kami akan bahasa bersama BPD sesuai mekanisme dan kriteria menentukan sasaran KPM sebagai pengganti yang dipersyaratkan aturan,” tambah Kades.

Kades pengakui bahwa penyaluran tahap kedua untuk bulan Juli, Agustus, September agak molor. Keterlambatan ini disebabkan karena lambatnya transfer dana dari Kabupaten ke Desa.

Dengan rampungnya BLTDD tahap II, maka rampunglah BLT DD desa berjargon Batu Tering SMART itu. Ada pun total realisasi dana tanggapan darurat Covid-19 untuk BLT DD senilai Rp396.900.000.

”Tahap satu bulan April, Mei, Juni 147 KPM kali Rp1.800.000. Tahap dua Juli, Agustus, September 147 KPM kali Rp900.000,” terangnya.

Mantan Ketua DPD KNPI Kabupaten Sumbawa itu juga menjelaskan bahwa dari akumulasi nilai APBDes dan serapan anggaran pembangunan tahun 2020, Desa Batu Tering sudah tidak mungkin lagi menganggarkan BLT DD tahap III. Yakni bulan Oktober, November Desember tahun 2020.

Baca juga:  Bendungan Tiu Angat Rusak, Hasil Petani Menurun dari 8 Ton ke 3 Ton

Oleh karenanya, Alwan berharap kepada para KPM agar bantuan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kebutuhan yang dianggap penting.

Sementara itu Bhabinkamtibmas Bripka Sudirman, dalam sambutannya menyampaikan hal yang sama. Bantuan yang terima warga agar dimanfaatkan pada kebutuhan penting.

Tidak hanya itu Bhabinkamtibmas yang dikenal ramah itu juga menyampaikan pesan-pesan ketertiban masyarakat. Seperti menjaga lingkungan, himbauan keras terhadap masyarakat agar jangan main-main dengan narkoba, perjudian serta menghargai perbedaan pilihan dalam menghadapi Pilkada Sumbawa yang dihelat 9 Desember 2020 mendatang.

Hadir pada kesempatan tersebut Ketua BPD Hariyanto beserta anggota dan pendamping Desa Batu Tering Sahrudin. (red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...