Pernek Sukses Raih Anugerah Awards Kampung Sehat Tingkat Provinsi NTB

Bagikan berita

SUMBAWA,Samotamedia.com – Desa Pernek salah satu desa yang sukses meraih Anugerah Awards Kampung Sehat Polda NTB. Pernek sukses keluar sebagai juara II.

Atas prestasinya, desa di Kecamatan Moyo Hulu ini berhak atas piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan Rp30 juta.

Kepala Desa Pernek, Drs. Saguni mengaku bangga dan bersyukur atas perolehan pada lomba kampung sehat nurut tatanan baru 2020 yang digagas Polda NTB ini.

Kesuksesan desa yang terdiri dari 4 dusun dengan 617 KK ini, tak lepas dari komitment pemerintah desa bersama warga dalam menjaga tradisi nenek moyang. Yakni keberadaan lumbung padi, sebagai simbol ketahanan pangan.

Menurut Saguni, hampir setiap rumah warga terdapat lumbung padi. Peruntukannya sebagai tempat menyimpan hasil panen seperti gabah, palawija dan beras.

Baca juga:  BLT DD, Pemdes Batu Bulan Sekaligus Cairkan Untuk Jatah Dua Bulan

Karena mayoritas rumah panggung, lumbung didirikan di kolong-kolong rumah dengan jumlah bervariasi. Ada yang satu, ada juga yang dua. Tergantung jumlah hasil panen.

”Lumbung padi dibuat di bawah kolong rumah, ada yang double untuk menampung hasil panen keluarganya. jika rumah permanen, dibuat khusus satu ruangan sebagai lumbung padi. ada juga yang dibuat tersendiri berupa rumah kecil khusus tempat menampung hasil panen,” ungkap Saguni.

Disamping lumbung padi, daya tarik lainnya yakni gebun gizi. Pekarangan warga ditanami berbagai sayuran. Mulai dari menggunakan pot, polibag hingga dengan konsep hydroponic.

Kapolres Sumbawa, AKBP Widy Saputra, S.I.K mengaku salut dengan desa pernek. Tidak hanya dengan konsep ketahanan pangan, tapi juga produktifitas UMKM hingga penerapan protokol kesehatannya yang ketat.

Baca juga:  Meningkat, Tahun Ini Sumbawa Dapat Jatah Dana Desa Rp150 Miliar

”Bukan hanya ketahanan pangan, desa ini juga memiliki rumah isolasi mandiri, ruang mediasi, produktifitas UMKM, serta penerapan protokol kesehatan yang ketat bagi setiap orang yang masuk ke desa ini”, terang Kapolres.

Di samping itu, desa ini juga dikenal sejak lama dengan produk Poteng (tape). Poteng pernek selalu disajikan kepada setiap tamu desa. Agar lebih nikmat, poteng dicampur dengan ‘Jadi’ (susu kerbau).

Terpisah, Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto, mengharapkan Desa Pernek ini tetap mempertahankan produktifitasnya, karena dengan sejahtera ekonomi kuat, tentunya keamanan akan stabil dan kuat.

Untuk diketahui, Pernek juga pernah meraih juara I dalam lomba kampung PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) tahun 2010 lalu. (red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...