Perpustakaan SMPN 1 Sumbawa Akreditasi B

Bagikan berita

Samotamedia.com – Perpustakaan SMPN 1 Sumbawa mendapat predikat akresitasi B. Sekolah yang dikepalai Arahman Semba, S.Pd ini merupakan salah satu dari dua perpustakaan di NTB yang menyandang predikat tersebut. Sementara yang satunya adalah perpustakaan 01 kalero SMPN 4 Sanggar di Bima.

Predikat akreditasi B ini berdasarkan hasil penilaian tim pusat lembaga akreditasi-perpustakaan nasional. Tertuang dalam surat pusat pengembangan perpustakaan dan pengkajian minat baca nomor 929/4.1/PPM.02/III.2020. Tentang hasil akreditasi perpustakaan di wilayah NTB.

Ada 13 perpustakaan yang dinilai tim pusat saat itu. Yakni perpustakaan SDN 1 Sambung, perpustakaan SMPN 1 Kediri, Perpustakaan SMPN 3 Labuapi, perpustakaan SMPN 4 Taliwang, perpustakaan Umum Universitas Samawa.

Kemudian unit perpustakaan IPDN Kampus NTB, perpustakaan STKIP Bima, perpustakaan SMPN 5 Kota Bima, perpustakaan SMAN 1 Taliwang, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bima, perpustakaan SMPN 1 Sumbawa Besar, perpustakaan 01 Kalero SMPN 4 Sanggar dan perpustakaan SMA Negeri 1 Palibelo.

Baca juga:  Selama Siswa Dirumahkan, KBM di Sumbawa Lancar

”Alhamdulillah kami terakreditasi B. Hanya ada dua di NTB, satunya lagi di Bima,” ungkap Kepala SMPN 1 Sumbawa, Arahman Semba, S.Pd saat ditemui di sekolahnya, Selasa (30/6/2020).

Menyandang akreditasi B tentu pihak sekolah bangga. Namun ada beberapa hal yang menjadi bahan evaluasi. Berdasarkan catatan tim yakni harus menambah majalah langganan, menambahkan rak display dan rak penyimpanan, rak majalah dan rak audio visual.

Kemudian sistem operasi perpustakaan juga harus terhubung dan terjaring dengan perpustakaan online. Bila perlu menambahkan jumlah tenaga perpustakaan, tenaga pustakawan profesional serta peningkatan kompensasi berkelanjutan bagi tenaga dan kepala perpustakaan dengan mengikuti bimtek, workshop, lokakarya dan lain-lain.

Perpustakaan juga perlu menambahkan peningkatan jumlah anggaran per tahun dan mengali sumbangan masyarakat yang tak terikat. Dan yang paling penting keunikan dari perpustakaan. ”Ini PR kita ke depan. Ini akan kita benahi,” pungkas Man Semba. (cr-nre)

Baca juga:  Terpusat di 13 Titik, Dikbud Sumbawa Tuntaskan Sosialisasi Juknis BOS 2020

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...