Persiapan Hadapi UTBK-SBMPTN, Admin dan Teknisi Dibintek

Bagikan berita

SUMBAWA – Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Pinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) UNRAM tengah berlangsung. Hingga hari ini, Rabu (17/6/2020) yang daftar dan memilih ujian di Sumbawa telah mencapai 900 orang.

Sesuai jadwal, UTBK-SBMPTN secara nasional digelar 5-13 Juli mendatang. Di Sumbawa, ujian tersebut dipusatkan di empat sekolah. Yakni SMKN 1 Sumbawa, SMKN 2 Sumbawa, SMKN 3 Sumbawa dan di SMAN 1 Sumbawa.

Dalam rangka menghadapi UTBK-SBMPTN, admin server dan teknisi ruangan diberikan Bimbingan Tekhnis (Bintek). Bintek digelar di SMKN 3 Sumbawa, Rabu (17/6/2020). Dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Cabang Dikbud Sumbawa, Fahrizal, S.Pd.,M.Pd.

Dalam Bintek tersebut, UNRAM menerjunkan tim yang terdiri dari tiga orang. Dalam pelaksanaannya, Bintek admin server digelar pagi hingga siang hari, dilanjutkan dengan Bintek teknisi ruangan dari siang hingga sore hari.

Baca juga:  Dikbud Beberkan Jumlah Kepsek Lowong hingga 2021, SD Paling Banyak

Admin Server Bimtek UTBK-SBMPTN UNRAM, Hasbi menjelaskan, admin server memiliki peran penting dalam pelaksanaan ujian. Yakni menjaga kestabilan koneksi server.

”Admin server berperan menghubungkan antara peserta ujian dengan pusat. Untuk mepermudah,” jelas Hasbi.

Sementara teknisi ruangan salah satunya bertugas meyediakan fasilitas dan infrasturktur IT dalam ruangan.

Baca juga: Miris, Bocah SD Pun di Sumbawa Konsumsi Narkoba

Baca juga: Gugus Tugas Terima Batuan Produk Hasil Pelatihan Daring BLK NTB

Kepala SMKN 3 Sumbawa, Nasrullah Darwis mengungkapkan, untuk menyukseskan UTBK-SBMPTN pihaknya telah menyiapkan 3 ruangan.

Setiap ruangan terdiri dari 25 unit komputer dengan kelengkapan LCD beserta AC. ”Kita siapkan 3 ruangan dengan 25 PC. Tapi karena standar covid, setiap ruangan diisi 15 orang,” kata Nas.

Selaku tuan rumah, Nas mengaku bersyukur pelaksanaan UTBK-SBMPTN dapat digelar di Sumbawa. Sehingga siswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri dimudahkan.

Baca juga:  Telah Parkir di Kas Daerah, BOP Kesetaraan Tahap I Cair Minggu Ini

”Ini sangat meringankan. Jadi anak-anak tidak perlu lagi nyebrang ke Lombok atau ke Jawa. Yang penting (masuk) perguruan tinggi negeri,” terang Nas.

Untuk ketahui, ini tahun kedua UTBK-SBMPTN dipusatkan di Sumbawa. Pertama kali tahun 2019 lalu. Tahun ini memang rencana dipusatkan di Mataram. Namun karena pandemi Covid-19, UTBK-SBMPTN akhirnya diputuskan di Sumbawa.

Sebelumnya, Kepala KCD Sumbawa, Fahrizal, S.Pd.,M.Pd dalam sambutannya berharap kepada semua admin server maupun teknisi ruangan yang dibintek agar serius menjalani bimbingan.

Dalam bekerja nantinya, admin maupun teknisi harus mengedepankan integritas demi suksesnya UTBK-SBMPTN 2020. ”Harus amanah dan laksanakan tugas dengan penuh integritas,” harapnya. (red)

Baca juga: Ini Tanggapan Gubernur NTB Terhadap Pandangan Umum Fraksi

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...