Perusda Sumbawa Teken MoU dengan BUMDes

Bagikan berita

Samotamedia.com РPerusahaan Daerah (Perusda) Sabalong Samalewa Kabupaten Sumbawa melakukan sosialisasi aplikasi Perusda Mart. Kegiatan yang digelar di kantor Perusda, Rabu (8/7/2020) digandengan dengan Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan BUMDes Se-Kabupaten Sumbawa.

Penandatanganan MoU dilakukan untuk mendukung keberadaan aplikasi perusda mart yang diluncurkan oleh Perusda. Aplikasi tersebut akan membantu pelaku UMKM dan BUMDes untuk meningkatkan daya saing produk dan membantu memperluas pemasaran.

Direktur Perusda, Mila Rosalia mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mendukung misi dari Perusda. Yaitu Inovasi di bidang usaha dengan memanfaatkan teknologi informasi dan digital.

Adapun sekema kemitraan antara BUMDes dan Perusda, nantinya Perusda akan menyediakan barang yang disuplay dari BUMDes. Baik itu hasil UMKM, produk Pokdarwis atau dari binaan KPH di desa.

”Jadi di dalam pemikiran simple saya, untuk kita awali Perusda Mart ini, jadi Perusda Mart akan menyediakan barang yang di suplay oleh teman-teman BUMDes. Jadi itu berupa produk UMKM, produk Pokdarwis atau binaan KPH,” katanya.

Baca juga:  Sulitnya Pasokan Air, Petani di Jotang Buat Bendungan Darurat

Sementara itu, Kadis DPMD Kabupaten Sunbawa, Varian Bintoro dalam sambutannya menyampaikan bahwa ini langkah awal dalam membangun kekuatan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Sumbawa. Degan demikian kekuatan ekonomi tak lagi terpusat di kota melainkan ada di desa.

”Mungkin saat ini kekuatan ekonomi itu adanya di kota. Tapi nanti dengan adanya kerja sama antara BUMDes dan Perusda, ekonomi kerakyatan di Desa dapat di tingkatkan dan bersaing dengan UMKM yang ada di kota,” ujarnya.

Varian berharap dengan adanya kerja sama ini BUMDes bisa menjadi pondasi untuk membangun Perusda Sabalong Samalewa dalam menyediakan produk-produk untuk dipasarkan.

”Kenapa kita membuat kerja sama ini, karena kami berpikir Perusda Sabalong samawa ini adalah milik dearah kabupaten Sumbawa. BUMDes-BUMDes yang ada itu berada di Kabupaten Sumbawa juga. Dan saya berpikir apakah BUMDes ini tidak boleh menjadi pondasi atau kaki bagi rumah Perusda, jadi ibu Direktur bilang, sangat boleh pak. Kalo boleh, kenapa kita tidak membentuk suatu ikatan kerja sama yang kuat tapi tidak saling mematikan,” tandasnya.

Baca juga:  Mayat Bayi Laki-laki Ditemukan Terkubur Hebohkan Warga Taliwang

”Sehingga dari situ ibu Direktur mengatakan bahwa nanti akan dilaunching aplikasi Perusda Mart yang bekerja sama dengan teman-teman UTS,” imbuhnya.

Penandatanganan MoU di hadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Varian Bintoro, Direktur Perusda Mila Rosalia, Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Setda Kabupaten Sumbawa Irine Silviani. Kemudian hadir juga perwakilan KPH Batulante, KPH Orong Telu, KPH Puncak Ngegas, Pelaku UMKM serta Perwakilan dari BUMDes di Kabupaten Sumbawa. (cr-abi)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...