Polda NTB Gagalkan Penyelundupan 17.000 Benih Lobster

Bagikan berita

MATARAM, Samotamedia.com – Polda NTB berhasil menggagalkan penyelundupan 17.160 benih bening lobster (benur) di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, Kamis (7/7/2022).

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto SIK menyebut, sebanyak 16.560 benih lobster pasir dan 600 benih lobster mutiara itu ditemukan dalam sebuah truk box yang hendak menyebrang ke Pulau Jawa.

Pengungkapan itu bermula dari informasi masyarakat terkait adanya sebuah truk Box yang memuat Benih Bening Lobster yang akan menyebrang melalui Pelabuhan Lembar.

Atas informasi tersebut, Ditpolairud melakukan penyelidikan. Benar saja, tim menemukan sebuah truk Box berisi ribuan benih bening lobster tanpa surat izin.

Truk tersebut dikemudi oleh seorang pria berinisial SR asal Pasuruan, Jawa Timur. Sopir beserta barang bukti langsung diamankan. “Terduga bersama barang bukti saat ini berada di Polda NTB,” ujarnya.

Baca juga:  Motor Listrik Buatan UTS Diluncurkan, Ini Kelebihannya

Dia terancam dikenakan pasal 29 Jo 26 (1) UU RI nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja dengan ancaman 8 tahun penjara. Kemudian pasal 88 huruf (a) Jo pasal 35 (1) UU nomor 21 tahun 2019 tentang karantina hewan dan tumbuhan dengan ancaman 2 tahun, denda 2 miliar rupiah.

Sementara bibit benih bening lobster dilepas di laut Senggigi, Lombok Barat disaksikan oleh seluruh perwakilan lembaga/instansi terkait. Kini kasus dalam pengembangan untuk mengetahui adanya keterlibatan pihak lain.

“Jadi kami akan lakukan pengembangan untuk dapat membuktikan siapa yang menjual dan yang membeli, dan sesuai perintah saat ini kami sedang dalam penyelidikan,” pungkasnya. (Red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...