PPDB SMK Berjalan Lancar, Sekolah Tetap Taat Protokol Covid-19

Bagikan berita

SUMBAWA – Hari ini, Selasa (16/6/2020) merupakan hari kedua pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK sejak dibuka secara resmi pada 15 Juni 2020 lalu.

Berdasarkan pantauan, pelaksanaan PPDB berjalan lancar. Di sejumlah sekolah, pendaftar berdatangan dari berbagai kecamatan.

Meski ramai, mereka tampak mengenakan masker dan jarak tempat duduk diatur. Sementara di pintu masuk pusat pendaftaran disediakan tempat cuci tangan sesuaistandar protokol kesehatan Covid-19.

Di SMKN 1 Sumbawa, jumlah pendaftar di hari kedua telah mencapai sekitar 250 orang. Masih separuh dari kuota 14 Rombel.

Kepala SMKN 1 Sumbawa melalui Ketua Panitia PPDB, Dra. Sri Hartini mengatakan, bahwa tahun ini sekolahnya masih tetap menerima 14 Rombongan Belajar (Rombel).

Ketua Panitia PPDB SMKN 1 Sumbawa, Dra. Sri Hartini

Belasan Rombel tersebut meliputi kompetensi keahlian tata boga 3 Rombel, perhotelan 3 Rombel, tata busana, 2 Rombel.

Kemudian Teknik Komputer Jaringan (TKJ) 1 Rombel, Multi Media (MM) 2 Rombel, UPW 1 Rombel, Kecantikan 1 Rombel, dan Bisnis Daring dan Pemasaran 1 Rombel.

Baca juga:  Gubernur NTB Resmikan Institut Studi Islam Sunan Doe

”Masing-masing Rombel 32 orang. Berarti 448 siswa. Tapi yang sudah daftar secara online baru 250an,” terangnya, Selasa (16/6/2020).

Meski masih separuh target, namun pihak sekolah optimis bisa mencapai kuota. Sebab SMK tak diikat oleh zona layaknya SMA pada umumnya. “Kegiatan berlangsung 15 Juni sampai 19 Juni,” katanya.

Dari beberapa kompetensi keahlian, lanjutnya, Multimedia dan TKJ cenderung menjadi rebutan. Di samping kuota terbatas, bisa jadi jurusan tersebut dinilai lebih menjanjikan.

Baru kemudian disusul kompetensi keahliannya seperti Perhotelan, Busana, Tata Boga dan seterusnya.

Kempetensi Keahlian Teknik Alat Berat Jadi Incaran

Sejumlah Kompetensi Keahlian di SMKN 2 Telah Memenuhi Kuota

Sementara di SMKN 2 Sumbawa, kuotanya sama 14 Rombel. Jumlah pendaftar hari kedua dipastikan lebih banyak. Karena berdasarkan data PPDB hari pertama, jumlah pendaftar telah mencapai 336 orang untuk semua kompetensi keahlian.

Kepala SMKN 2 Sumbawa melalui Ketua Panitia PPDB, Abdul Kadir mengungkapkan, TAB masih jadi rebutan. Pendaftar mencapai 115 orang. Namun yang diterima hanya 20.

Baca juga:  Juarai LCC Pulau Sumbawa, SMPN 1 Sumbawa Melaju ke Tingkat Provinsi

Sementara TITL di hari pertama telah mencapai 62 orang. Sementara yang diterima hanya 1 Rombel. Meski telah memenuhi kuota, pendaftaran tetap dilanjutkan. ”Tapi tetap lanjut (Pendaftaran),” kata pria yang juga menjabat Wakasek Kesiswaan ini, Senin (15/6/2020).

Sama halnya dengan kompetensi keahlian TBSM, jumlah pendaftar telah mencapai 52 orang. Sementara kuota hanya 1 Rombel. ”(Yang tidak lulus) Nanti kita arahkan ke jurusan lain,” ujarnya.

Sedangkan pada jurusan TKRO masih kurang 8 orang dari kuota 64 orang. Desain pemodelan dan informasi bangunan masih kurang sekitar 10 orang, pemesinan masih kurang sekitar 10 orang.

Sementara yang masih minim pendaftar di hari pertama ada tiga jurusan. Yakni Bisnis Konstruksi Properti (BKP) dan Teknik Elektronika Industri (TEI) ”Teknik Pengelasan (sudah belasan) Kalau sudah 15 orang, optimis mencapai kuota,” pungkasnya. (red)

Baca juga: SMPN 4 Labuhan Badas Optimis Capai 3 Rombel

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...