Produk UKM Desa Jango Terjual hingga Sumbawa, Bali dan Makassar

Bagikan berita

PRAYA,Samotamedia.com – Sejumlah produk yang dihasilkan usaha kecil dan menengah (UKM) di Desa Jango, Kecamatan Janapria, Lombok Tengah (Loteng) terjual hingga luar daerah. Meliputi Sumbawa, Bali dan Makassar.

Produk aneka kuliner dibawah pembinaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Mekarsari Jango Maju itu diantaranya, aneka kue basah, abon dan berbagai produk lainya.

Ketua Kelompok UPPKS, Nurhayati menyatakan, semenjak mewabahnya Covid-19 semua kegiatan sempat terhenti. Namun dengan adanya program Kampung Sehat atau adaptasi kebiasaan baru yang telah diluncurkan, produktivitas kelompok kembali bangkit.

”Walaupun sempat terhenti, kami kembali mencoba membuat aneka kuliner untuk mendongkrak ekonomi masyarakat,” katanya, kemarin.

Ia menyatakan, pemasaran produk kuliner ini, selain di toko-toko terdekat bahkan hingga menyasar pasar luar Daerah seperti di wilayah Sumbawa, Bali dan Makassar. 

Baca juga:  Prioritas Kades Olat Rawa 2021, dari BLT DD hingga Tanggul Penahan Banjir

“Omset hasil jualan kuliner ini sekarang sudah mencapai puluhan juta dalam satu bulannya,” terangnya.

Menurutnya, dengan diminatinya produk kuliner ini, masyarakat setempat mulai ini berlomba-lomba untuk menghasilkan produk yang berdaya saing agar mampu menembus pasar luar daerah. “Kami juga pasarkan produk-produk unggulan UKM ini melalui online,” imbuhnya.

Bhabinkamtibmas Desa Jango Polsek Janapria, Brigadir Astan menyatakan, dilouncingkan Lomba Kampung Sehat membuat para pelaku industri atau kelompok-kelompok tani memiliki produktivitas yang lebih tinggi dari sebelumnya.

“Dengan adanya Lomba Kampung Sehat, perekonomian masyarakat menjadi sangat terbantu, terlebih dimassa pandemi Covid-19,” jelasnya. (red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...