Program DASHAT Sasar 34 Kampung Keluarga Berkualitas

Bagikan berita

SUMBAWA, Samotamedia.com – Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Sumbawa saat ini melaksanakan program Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT). Untuk di Sumbawa sendiri, terdapat 34 kampung Keluarga Berkualitas (KB) yang menjadi sasaran dari program BKKBN tersebut.

“Program baru BKKBN yaitu Dapur Sehat Atasi Stunting atau Dashat, sekarang sudah berjalan,” ungkap Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Advokasi dan Informasi Dinas P2KBP3A Kabupaten Sumbawa, Anggraini kepada wartawan, Senin (22/5/23).

Dikatakan Anggi, Program Dashat merupakan kegiatan pelatihan untuk membuat makanan bagi ibu hamil dan balita dengan bahan lokal. Bahan masakan tidak harus mahal akan tetapi bisa memilih dan memilah bahan-bahan yang terjangkau dengan kualitas dan kandungan gizi yang bagus.

“Itu adalah  praktik mengolah makanan dengan bahan lokal yang ada di daerah masing-masing. Untuk sasarannya keluarga beresiko stunting,” jelasnya.

Program ini, jelasnya, dibiayai oleh Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) yang dikolaborasikan dengan dana desa melalui pemberian makanan tambahan. Adapun lokasi program ini berada di 34 Kampung KB yang ada di Kabupaten Sumbawa

“Jadi untuk sementara ini kita di buck up untuk 34 kampung KB saja. Kegiatannya 10 kali dalam setahun yang sudah dilaksanakan itu 3 kali,” pungkasnya. (Red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...