Pulau Medang akan Teraliri Listrik 24 Jam, Batulanteh Telah Terprogram

Bagikan berita

SUMBAWA – PLN melalui Unit Pelaksanan Pelayanan Pelanggan (UP3) Sumbawa terus berupaya memberikan layanan listrik 24 jam hingga ke pelosok Sumbawa.

Sejauh ini, beberapa wilayah sudah berhasil diterangi 24 jam. Seperti Kecamatan Orong Telu, Lantung dan Kecamatan Ropang. Layanan listrik di tiga wilayah tersebut sebelumnya hanya 12 jam.

”Selama setahun ini, di Lantung Ropang dan Orong Telu kita bisa nyala 24 jam,” ungkap Manager PLN UP3 Sumbawa, Irwanto Wahyu Kusumo usai acara pelepasan dirinya sebagai Manager PLN UP3 Banten Selatan, Jumat (2/7/2021).

Selain tiga wilayah tersebut, wilayah lain seperti Pulau Medang Kecamatan Labuhan Badas juga akan segera menikmati layanan yang sama. Menurutnya, proyek sudah terkontrak dan pengerjaannya akan dimulai bulan ini juga.

Baca juga:  Ini Kesalahan Besar yang Sering Dilakukan TKI hingga Berujung Sengsara

”Semoga saja, kalau cuaca lancar dan pengerjaan lancar, mungkin awal tahun (2022) sudah (nyala) 24 jam. Labu Aji dan Sebotok menyusul,” terangnya.

Sementara yang masih menjadi PR besar PLN yakni wilayah Kecamatan Batulanteh dan Desa Mungkin di Kecamatan Orong Telu. Wilayah tesebut sama sekali belum terjamah listrik PLN karena kondisi infrastruktur jalan yang rusak.

Pemasangan jaringan ke wilayan tersebut sebenarnya sudah terprogram. Bahkan, sudah masuk ke kantor pusat PLN dan tinggal menunggu finalisasi.

Oleh karenanya, dibutuhkan bantuan Pemda agar jalan menuju wilayah tersebut bisa diperbaiki sehingga bisa diakses oleh kendaraan pengangkut material.

”Kita sudah survei. Kita harus angkut material, tapi kendala infrastruktur jalan. Tiang beton dan kabel kita harus naik ke atas, dan kita butuh jalan yang padat. Kalau jalannya susah, nggak bisa naik juga alat-alat kita,” ujarnya.

Baca juga:  Dukung Kebijakan NTB Wajib Masker, L Budi Suryata: Itu Langkah Tepat

Diungkapkan, PLN Sumbawa saat ini surplus daya. Dari total 130 Mega Watt, Sumbawa mengalami kelebihan 20 Mega Watt. Kondisi ini sangat memungkinkan untuk perluasan jaringan maupun pasang baru.

”Bagi masyarakat yang di sekitarnya sudah dijangkau jaringan listrik PLN, mau pasang baru bisa langsung ke kantor PLN. Bisa juga secara online. Nggak usah melalui calo atau perantara,” tandasnya. (Red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...