Puluhan Guru Tidak Lulus Seleksi Calon Kepala Sekolah

Bagikan berita

SUMBAWA,Samotamedia.com – Sebanyak 50 guru ikut dalam seleksi calon kepala (Cakeps) sekolah tahun ini. Dari jumlah tersebut, separuhnya tidak lulus. Mereka kandas di tahap seleksi Subtansi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, melalui Kasi Pendidik Pendidikan Dasar Bidang Pembinaan Ketenagaan, Sutan Syahril, SSos mengatakan, dari 50 peserta yang sukses melaju ke tahap seleksi berikutnya hanya 26 orang. Terdiri dari 20 guru SD, 6 guru SMP.

Sementara 24 lainnya kandas di tahapan seleksi subtansi (tahap awal). ”Jadi dari hasil seleksi substansi kemarin, hanya ada 26 peserta yang berhak ikut tes berikutnya (Diklat) dalam seleksi Cakeps ini,” kata Sutan, Senin (12/10/2020).

Menurutnya, tahap selanjutnya yakni Diklat. Sesuai jadwal, Diklat telah digelar mulai 8 Oktober lalu, dan berakhir 24 Desember 2020 mendatang.

Baca juga: 3 Pelajar Sumbawa Wakili NTB di KSN Tingkat Nasional

Diklat diselenggarakan secara Daring oleh Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) dan Pengawas Sekolah, salah satu UPT Kemendikbud.

Setelah Diklat rampung, para peserta kemudian diberikan sertifikat kepala sekolah. Selanjutnya diserahkan ke Pemda untuk diangkat oleh bupati, sebagai kepala sekolah.

Sutan berharap, 26 peserta Diklat lulus semua. Agar bisa mengisi jabatan kepala lowong karena ditinggal pensiun. Sesuai data Dikbud, jumlah jabatan kepala sekolah lowong sebanyak 43.

”Bagi 24 peserta yang tidak layak mengikuti Diklat, tetap diberikan kesempatan ikut seleksi Cakeps lagi,” pungkasnya. (red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...