Puluhan Jabatan Kepala Sekolah di Sumbawa Lowong, SD Paling Banyak

Bagikan berita

Samotamedia.com – Sebanyak 37 jabatan kepala sekolah di Sumbawa lowong. Terdiri dari 34 SD, 3 SMP. Untuk mengisi kekosongan tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa tengah mempersiapkan seleksi Calon Kepala Sekolah (Cakeps) untuk menyiapkan calon pengganti.

”Untuk pelaksanaan Cakeps ini kita sedang berkoordinasi dengan Lembaga Pengembangan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) Kemendikbud, sebagai lembaga penyelenggara Diklat,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, melalui Kasi Pendidik Pendidikan Dasar Bidang Pembinaan Ketenagaan, Sutan Syahril, SSos.

Menurutnya, tercatat 65 pelamar yang mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi tersebut. Untuk jenjang SD ada 39, SMP 26 orang. Mereka sebelumnya sudah melewati seleksi administrasi.

Baca juga:  Belum Mencapai Kuota, SMKN 2 Perpanjang Waktu Pendaftaran Tiga Kompetensi Keahlian

Setelah itu, lanjut Sutan, dilanjutkan dengan seleksi subtansi yang pelaksanaan belum ditentukan. Kemungkinan besar digelar bulan Agustus mendatang. Seleksi substansi ini dilakukan langsung oleh asesor dari LP2KS yang berlokasi di Solo Jawa Tengah.

Karena saat ini masih pandemi Covid-19, seleksi ini dilakukan dengan sistem Dalam Jaringan (Daring). Peserta yang lulus, kemudian diikusertakan dalam kegiatan Diklat Cakep, yang dilaksanakan selama tiga bulan. Setelah selesai mereka akan menerima sertifikat kasek.

”Berapa peserta yang lulus nanti tergantung hasil seleksi Diklat. Nanti setelah mereka mendapatkan sertifikat, akan dikembalikan ke kepala daerah untuk diangkat sebagai kepala sekolah sesuai kebutuhan,” tandanya. (red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...