Sabtu Budaya, Ajang Pengenalan Budaya Lokal dan Bangkitkan Semangat Belajar

Bagikan berita

SUMBAWA, Samotamedia.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB telah meluncurkan program Sabtu Budaya. Bertujuan untuk memperkenalkan sekaligus menumbuhkan rasa cinta pelajar terhadap budaya leluhur.

Di Sumbawa, program Sabtu Budaya mulai diterapkan sejak Pemberlakuan Tatap Muka Terbatas (PTMT), Senin 30 Agustus 2021 lalu. Mulai masif dalam beberapa minggu terakhir.

Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa, Nasrullah Darwis, M.Pd mengatakan, program Sabtu Budaya telah diterapkan di semua SMA/SMK/SLB Se-Kabupaten Sumbawa.

Selain memperkenalkan budaya lokal, program tersebut juga bertujuan untuk menggenjot semangat belajar siswa pasca BDR berkepanjangan. Terlebih pada awal-awal PTM Terbatas, tak sedikit siswa yang dilaporkan tidak masuk.

”Kegiatan dikemas dalam bentuk Sabtu budaya. Diterapkan di semua sekolah. Baik SMA, SMK dan SLB,” terang mantan Kepala SMKN 3 Sumbawa ini, Senin (13/9/2021).

Sesuai namanya, program Sabtu Budaya digelar setiap Sabtu. Bentuk kegiatannya beragam. Mulai dari pentas seni budaya lokal, olahraga, Imtaq hingga gotong royong. Dalam hal ini, sekolah bebas memilih bentuk kegiatan yang diinginkan.

Menurut Nas, program Sabtu Budaya tidak hanya diterapkan untuk saat ini saja. Melainkan berlanjut hingga seterusnya. ”Pelaksanaan Sabtu Budaya sudah berlangsung sejak 30 Agustus. Berlaku sampai seterusnya,” katanya.

Kini, sebulan lewat PTM Terbatas diterapkan. Dari pantauan KCD Kabupaten Sumbawa, pelaksanaannya berjalan lancar. Tidak ada siswa maupun guru yang dilaporkan tidak masuk sekolah. (Red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...