Sakit Bertahun-tahun, Warga Osap Sio dapat Bantuan Pemda

Bagikan berita

SUMBAWA, Samotamedia.com – Syarafuddin Umar hanya bisa berbaring di rumahnya di Jalan Osap Sio RT 002 RW 011, Kelurahan Uma Sima, Kecamatan Sumbawa.

Kakek 65 tahun itu menderita sakit. Sekujur tubuhnya lumpuh. Bertahun-tahun ia berjuang melawan sakit. Berbagai usaha medis dan non medis telah dilakukan. Namun hal itu sia-sia.

Tidak hanya penyakit yang diderita. Syarafuddin Umar juga kesulitan biaya hidup yang menyebabkan ia kekurangan asupan gizi.

Informasi keberadaan sang kakek kini telah sampai ke telinga Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany.

Orang nomor dua di Sumbawa itu langsung memerintahkan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa bergerak menuju kediaman Syarafuddin Umar, Senin (16/1/2023).

Tim dari Dinas Sosial dipimpin Kabid Banjamsos, Syarifah didampingi Kasi Kebencanaan, Sumariawan dan Kepala Bidang Publikasi dan Dokumentasi TAGANA, Zainuddin.

Baca juga:  Undang Kerumunan, Polisi Bubarkan Lomba Burung di Mataram

Selain bersilaturahim tim juga membawa bantuan. Setibanya di lokasi, tim disambut Lurah Uma Sima, Egi Sethia Miftah beserta staf.

Anak Syarafuddin Umar, Sri Hartini menuturkan bahwa ayahnya menderita sakit sejak 2017. Tahun 2019 kondisinya semakin parah meski telah menjalani penanganan medis di RSUD Sumbawa dan RS Manambai Abdulkadir (RSMA).

Sebelumnya, ayahnya itu mengeluh kesulitan buang air besar sehingga akhirnya dilarikan ke rumah sakit. Namun kondisinya kian parah. Fisiknya lemah, berjalan pun harus dipapah.

Tak lama berselang, ayahnya mengalami panas tinggi selama empat hari. Oleh dokter, ayahnya disarankan dibawa ke RSMA.

Beberapa hari ditangani di sana, keadaannya tak kunjung membaik. Bahkan sejak itu pula Syarafuddin secara fisik lumpuh total.

Baca juga:  Program Literasi Umat Berbasis Digital Dilaunching

”Sampai sekarang hanya bisa berbaring. Jangankan berdiri, duduk pun tidak bisa,” ujar Sri.

Saat ini, Syafruddin ditangani secara non medis. Kendati hanya bisa berbaring, tapi kondisinya sudah sedikit membaik.

Sri menyampaikan terima kasih atas bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Sosial. ”Bantuan ini sangat bermanfaat. Terima kasih,” ucapnya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa melalui Kabid Banjamsos, Syarifah mengatakan, bantuan yang diberikan ini sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap rakyatnya.

Meski tidak seberapa, diharapkan bantuan berupa sembako, kain, selimut, tikar dan lainnya tersebut dapat meringankan beban warga yang sakit.

”Semoga yang sakit segera diberikan kesembuhan, bisa beraktivitas dan bangkit dari musibah,” harapnya. (Red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...