Sambangi Sekdes Se-Bolo dan Madapangga, Forsekdesi Ingatkan Netralitas di Pilkada

Bagikan berita

BIMA,Samotamedia.com – Road Show Dewan Pengurus Daerah Forum Sekretaris Desa Indonesia (DPD Forsekdesi) Kabupaten Bima berlanjut.

Kali ini, pengurus organisasi para Sekretaris desa (Sekdes) ini menyambangi Sekdes Se-Kecamatan Bolo dan Madapangga. Pertemuan dipusatkan di Taman Wisata di Desa Ndano, Sabtu (29/8/2020).

Ketua Forsekdesi Kabupaten Bima, Arifin, S.Sos menjelaskan, road show masih dalam rangka penguatan internal organisasi.

Di samping itu, pertemuan juga membahas banyak hal lain. Mulai dari penguatan kelembagaan, evaluasi/follow up perkembangan gugatan dua Sekdes di PTUN Mataram hingga Pilkada Kabupaten Bima, 9 Desember 2020 mendatang.

“Pertama yang dibahas soal tupoksi (tugas, pokok, dan fungsi) Sekretaris Desa dalam menjalankan tugas sebagai kepala Administrai di Desa masing-masing. Sehingga perlu dilakukan penguatan kapasitas dengan menggelar pelatihan bersama. Baik Aplikasi sistem keuangan Desa (Siskeudes) maupun pelatihan lainnya,” tuturnya.

”Kedua, progres rekan-rekan yang sedang berproses gugatan di PTUN Mataram. Alhamdulillah berjalan baik, sehingga perlu kekompakan dari rekan sekdes se Kabupaten Bima untuk tetap mensupport baik secara moril maupun materil,” tambahnya.

Terkait Pilkada, DPD Fosekdesi mengingatkan kpepada para anggota agar tidak terjebak dengan politik praktis. Karena mengkampanyekan calon tertentu di Pilkada merupa perbuatan melanggar hukum.

”Saat ini kita dihadapkan pada pesta demokrasi pemilhan kepala daerah (pilkada). Situasi yang cukup sensitif sehingga diharapkan seluruh Sekdes se Kabupaten Bima untuk menahan diri tidak terlibat dalam politik praktis. Karena sekdes merupakan perangkat desa yang dilarang Undang-undang pemilu untuk terlibat aktif dalam mendukung dan atau mengkampanyekan salah satu Calon tertentu,” tegas Sekretaris Desa Sangga Lambu ini.

Meski demikian, ia menghimbau kepada para pengurus maupun anggota agsr dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik.

“Meski tidak diperbolehkan berpolitik praktis, sebanyak 191 Sekretaris Desa se Kabupaten Bima diharapkan menggunakan hak pilihnya dengan bijak pada 9 Desember 2020 mendatang yang bisa memperjuangkan kesejahteraan rakyat umumnya dan memperhatikan Perangkat Desa khususnya terutama mengenai tanah eks jaminan,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama Wakil Ketua DPD Forsekdesi Kabupaten Bima, Junaidin menekankan pentingnya kebersamaan dan solidaritas.

“Secara geografis Kabupaten Bima cukup luas dan letak Desa cukup berjauhan. Saya berharap koordinator dimasing-masing Kecamatan agar lebih aktif lagi merangkul dan bersama-sama meningkatkan solidaritas,” tegas Sekretaris Desa Dadibou Woha ini.

Usai acara, Rombongan menuju kediaman Kepala Desa Monggo Kecamatan Madapangga, Mayor A Majid, SH yang beberapa waktu lalu terpilih sebagai Ketua Forum Kepala Desa (Forkades) Kabupaten Bima.

DPD Forsekdesi berharap, di bawah komando Mayor A Majid, antara Forkades dengan Forsekdesi dapat bersinergi dengan baik.

“Kami Forum Sekretaris Desa Indonesia (Forsekdesi) Kabupaten Bima mengucapkan selamat kepada Kades Monggo, bang Mayor A Majid, SH selaku Ketua Forkades Kabupaten Bima, semoga bisa saling bersinergi membangun Desa,” pungkasnya. (ard)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...