Sampungu Salurkan BLT Tahap II, Jumlah Penerima Jauh Berkurang

Bagikan berita

BIMA,Samotamedia.com – Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Tahap II Desa Sampungu Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima disalurkan. Sasarannya 112 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Jumlah penerima bantuan jauh berkurang dari jumlah penerima BLT tahap pertama yang sasarannya mencapai 220 KPM.

Sekretaris Desa Mansyur, S.Sos mengungkapkan jumlah sasaran BLT tahap II berkurang dari jumlah penerima BLT tahap I. Pada tahap I mencapai 220 KPM. Artinya ada pengurangan hampir 50 persen.

Pengurangan ini, lanjut dia, disebabkan oleh adanya perubahan aturan dan kemampuan anggaran desa. “Pada BLT Dana Desa tahap 1 Pemdes salurkan kepada 220 KPM dan masing-masing KPM menerima sebesar Rp600 ribu selama 3 bulan. Mei, Juni, dan Juli,” katanya, Senin (12/10/2020).

Baca juga:  Saran Ketua FK2D Atas Kondisi yang Dihadapi Warga Labuhan Bontong

”Sedangkan untuk BLT Dana Desa tahap 2 terdapat pengurangan menjadi 112 KPM masing-masing menerima Rp300 ribu. Diberikan selama 3 bulan ke depanM yakni Agustus, September, dan Oktober, jadi secara stimulan,” imbuhnya.

Pengurangan tersebut juga telah dimusyawarahkan oleh Pemerintah desa bersama BPD dan warga setempat. “Adanya perubahan jumlah KPM BLT Dana Desa tahap dua ini merupakan hasil musyawarah bersama antara Pemerintah Desa dengan BPD dan masyarakat disesuaikan dengan aturan Pemerintah Pusat dan kemampuan keuangan Desa,” jelas Sekdes.

Penyaluran BLT tahap ini agak telat. Diakui, keterlambatan ini disebabkan adanya perubahan aturan dari Pemerintah Pusat mengenai skema penyaluran bantuan sosial berupa BLT Dana Desa.

Melalui aturan tersebut, pemerintah juga menambah jangka waktu pemberian BLT Dana Desa kepada masyarakat yang semula 3 bulan menjadi 6 bulan.

Baca juga:  Uma Beringin Cairkan BLT DD Dua Bulan Sekaligus, Periode Juni Menyusul

“Kebijakan dimaksud tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 50/PKK.07/2020 tentang Perubahan Kedua atas 205/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa, sehingga penyaluran BLT Dana Desa tahap 2 yang seharusnya dimulai pada Bulan Agustus namun dapat dimulai pada Bulan Oktober ini,” terang Sekdes. (ard)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...