SD Filial Bukit Tinggi, Sekolah Mungil Full Bambu di Puncak Batulanteh Sumbawa

Bagikan berita

SUMBAWA,Samotamedia.com – Pemerintah Desa Baturotok bersama Universitas Samawa (UNSA) membangun sekolah bermaterial full bambu di wilayah Bukit Tinggi Desa Baturotok Kecamatan Batulanteh.

Pembangunan sekolah dengan material seadanya itu bertujuan untuk mendekatkan akses layanan pendidikan bagi warga setempat.

Kepala Desa Baturotok, Edi Wijaya Kusuma mengatakan, pendirian SD filial Kaduk-Ladan Bukit Tinggi ini atas permintaan warga. Karena lokasi sekolah sangat jauh. Yakni SDN Kaduk dan SDN Ladan.

Warga gotong royong mendirikan bangunan sekolah

Untuk menuju sekolah tersebut, para siswa harus berjalan kaki dengan menempuh jarak 2-3 kilometer.

”Supaya dekat, karena orang tua siswa siswi di sini, kan mayoritas petani. Jadi tidak ada yang antar. Akses menuju ke sekolahan siswa sangat jauh. Harus jalan kaki 2-3 kilometer menuju sekolahan,” jelasnya.

Baca juga:  Terungkap, Pasien 473 Bukan dari Seketeng Tapi dari Lantung

Kondisinya semakin sulit dikala memasuki musim penghujan. Selain kondisi jalan yang berlumpur, para siswa juga harus melewati bukit, lembah dan sungai. Akibatnya, banyak siswa yang tak bisa ke sekolah.

“Pada saat musim hujan tiba bahkan banyak siswa yang tidak bisa pergi ke sekolah. Jikapun ada yang pergi sesampai di sekolahnya pakaian mereka sudah kotor dipenuhi lumpur karena melewati sungai dan lembah,” tuturnya.

Penampakan bangunan sekolah

Atas dasar itu Pemerintah Desa membangun sekolah sementara dengan material dari bambu.

Dosen Universitas Samawa (UNSA), Rusdianto AR mengatakan, kehadiran sekolah tersebut berdampak positif bagi warga setempat.

Dengan demikian, para orang tua tak repot lagi menghantarkan anaknya setiap hari ke sekolah.

Baca juga:  Diduga Diperas, BUMDes di Sumbawa Rugi hingga Miliaran

Dosen FKIP UNSA berharap ke depannya Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui dinas terkait dapat memberikan perhatian serius terhadap keberlangsungan pendidikan di wilayah tersebut.

”Agar tak ada lagi anak bangsa yang sulit dalam mengejar pendidikan, dan negara benar – benar hadir dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” pungkasnya. (red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...