Sederet Fakta Tentang Izul Aswin, Petani yang Diduga Menghina Gubernur NTB

Bagikan berita

SUMBAWA – Izul Aswin alias Igo, petani asal Lamenta yang dijemput tim cyber crime Polda NTB di sawahnya Jumat (8/1) lalu telah dipulangkan. Ia dijemput langsung oleh keluarganya, Sabtu (9/1) siang.

Ia diperiksa tim cyber crime Polda NTB terkait postingannya melalui akun Facebook, Igo Aswiin sekitar sebulan yang lalu.

Belakangan sejumlah fakta menyeruak tentang siapa pria yang akrab disapa Igo itu. Pria kelahiran 14 Mei 1995 itu adalah anak dari A. Hasyim Hadi dan Purwasi. Warga RT 003 RW 001 Dusun Lamenta Bawah Desa Lamenta.

Rumah Igo persis di belakang rumah milik calon Bupati Sumbawa, Ir. H. Syarafuddin Jarot, MP di Lamenta.

Di samping simpatisan Jarot-Mokhlis di Pilkada, Igo juga masih bagian dari keluarga Jarot. ”Selain tetangga masih keluarga juga,” ungkap ayah Igo, A. Hasyim Hadi, Minggu (10/1).

Baca juga:  Gubernur NTB Tekankan Pentingnya Harmonisasi Kerja

Sejumlah fakta lain tentang Igo juga terungkap. Di Lamenta, Igo dikenal pria yang mengalami keterbelakangan mental sejak kecil. Mengalami keterbatasan berpikir dan memahami.

”Bukan cacat fisik, tapi cacat mental. Dari kecil,” ungkap Kades Lamenta, M Taufik, Minggu (10/1).

Bicara Igo juga cenderung ngawur. Susah dimengerti, bahkan lawan bicaranya pun kebingungan menarik kesimpulan atas apa yang dibicarakannya.

”Kami saja di sini bingung. Yang mana yang harus dicatat dari isi pembicaraannya. Maklum orangnya cacat mental. Bukan cacat fisik, tapi mental. Kita tidak bisa ambil kesimpulan. Bagaimana caranya kalau di BAP,” ujar Kades.

Tidak hanya itu, Igo juga tidak seperti anak kebanyakan. Memanggil orang tuanya saja dengan menyebutkan nama. Yang menurut warga Sumbawa, itu tidaklah sopan.

”Kepada orang tua dan kakeknya aja bilang “Kamu”,” ungkap Kades.

Baca juga:  Ini Penilain Gubernur Terhadap ASN di NTB

Sebagaimana diberitakan, Izul Aswin, petani asal Dusun Lamenta Bawah Desa Lamenta Kecamatan Empang diciduk polisi, Jumat (8/1/2021) siang.

Atas kasus dugaan pencemaran nama baik melalui postingan di media sosial facebook. Penjemputan pria yang akrab disapa Igo itu oleh tim cyber crime cukup membuat kaget pihak keluarga. Terlebih dilakukan langsung oleh tim dari Polda NTB.

Rupanya Igo hanya sekedar diperiksa (Bukan ditangkap) terkait prihal postingannya melalui akun facebook Igo Aswiin sebulan lalu.

Saat itu, Igo memposting fhoto kambing bertopeng gambar wajah orang nomor satu di NTB, Dr. Zukieflimansyah. Postingan tersebut diduga menyerang pribadi Gubernur sehingga yang bersangkutan dilaporkan atas dugaan penghinaan dan pencemaran nama baik.

Namun siapa yang melaporkan Igo, belum diketahui. Sementara tim Cyber Crime Polda NTB belum berhasil dikonfirmasi. (red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...