Sekda: Horse Racing Festival 2023 Lestarikan Budaya Sumbawa

Bagikan berita

SUMBAWA, Samotamedia.com –  Opening Ceremony Samota Horse Racing Festival 2023 mulai dibuka pada Minggu (14/5/23) di Lapangan Pacuan Kuda Angin Laut, Desa Penyaring, Kabupaten Sumbawa oleh Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Provinsi NTB, H. Wirawan Ahmad.

Dalam sambutannya, H. Wirawan menyampaikan, pemerintah provinsi sangat menyambut baik dan akan selalu mendukung kegiatan pacuan kuda ini. Kareana merupakan tradisi dan budaya yang masih bertahan.

Disebutkannya, ada dua alasan mengapa Pemprov NTB konsisten mendukung acara pacuan kuda ini. Pertama, alasan sosial bisa menjadi perekat sosial untuk mewujudkan apa yang di sebut dengan sinergi sosial, integrasi social. Dimana kelompok yang berasal dari kalangan berbeda bisa bersatu dan berkumpul karena hobi yang sama, dengan tagline “satu kuda sejuta sahabat.

Kemudian yang kedua  alasan ekonomi, terlaksananya pacuan kuda merupakan potret industrialisasi pariwisata yang sederhana, terwujudnya industrialisasi pariwisata asalkan dengan syarat meningkatkan nilai tambah dan bisa menggerakkan sektor lainnya.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa yang turut hadir pada acara tersebut menyampaikan bahwa pacuan kuda ini merupakan budaya Tau Tana Samawa. “Diharapkan dengan adanya festival ini dapat melestarikan budaya yang ada di Kabupaten serta dapat menjadi promosi wisata di Kabupaten Sumbawa. Sebab, peserta festival ini bukan hanya dari Pulau Sumbawa tapi ada yang dari luar Pulau Sumbawa,” jelas Sekda. (Red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...