Sidak, Komisi IV DPRD Sumbawa Prihatin Lihat Kondisi LLK

Bagikan berita

SUMBAWA, Samotamedia.com – Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sumbawa, Ismail Mustaram, SH., MM.Inov melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke UPTD Loka Latihan Kerja (LLK) Kabupaten Sumbawa, Senin (4/7/2022).

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu prihatin dengan kondisi bangunan yang dinilai tidak representatif lagi. Untuk diketahui, bangunan LLK dibangun pada tahun 1986 dan diresmikan oleh Menteri Tenaga Kerja, Sodomo pada 23 Januari 1986 silam.

Tak kondisi bangunan, dia juga menemukan sejumlah peralatan pelatihan yang perlu diupgrade. Terutama peralatan otomotif. ”Kami dari komisi IV DPRD tentunya dengan kunjungan ini akan menindaklanjuti temuan pada hari ini dan akan dijadikan pembahasan internal di komisi,” katanya.

Menurutnya, keberadaan UPTD LLK sangat penting untuk meningkatkan keterampilan para pencari kerja agar mereka mendapatkan sertifikasi kompetensi dari BNSP. Melihat urgensinya, seharusnya UPTD LLK menjadi perhatian prioritas.

Tak dipungkiri, selama ini dia melihat Disnakertrans adalah berhubungan dengan urusan penempatan tenaga kerja dan berbagai masalah yang muncul tentang hubungan industrial. Sehingga keberadaan LLK sebagai dapur peningkatan SDM pencari kerja luput dari perhatian.

”Mulai saat ini kami akan coba untuk memberikan perhatian terhadap upaya-upaya peningkatan SDM melalui LLK dan Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS),” ucapnya.

Untuk itu dia meminta kepada Disnakertrans Kabupaten Sumbawa untuk membuat kajian yang berhubungan dengan upaya melakukan revitalisasi LLK beserta perangkat pendukungnya. Selain itu, dia akan mendorong para anggota dewan untuk berkontribusi melatih para pencari kerja melalui LLK.

”Kami akan bahas nanti agar teman-teman di komisi 4 khususnya untuk menyiapkan anggaran pelatihan keterampilan berbasis kompetensi melalui UPTD LLK, dengan demikian akan meningkatkan jumlah para pencari kerja yang kompeten bahkan mampu mandiri,” tandasnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumbawa diwakili Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas, Junaidi menyampaikan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan oleh Ketua Komisi 4 DPRD Kabupaten Sumbawa.

Hal ini sangat penting dalam upaya sinergi untuk menyiapkan fasilitas untuk penyiapan SDM Di Kabupaten Sumbawa. ”Insya Allah sesuai perintah Kepala Dinas kami akan mengusulkan anggaran pembuatan Detail Enjinering Design (DED) UPTD LLK Kabupaten Sumbawa,” pungkasnya. (Jho)

Bagikan berita

1 Comment

  • Hanya satu solusi atas masalah LLK yakni penerapan The Right Men on The Wright Place dan hindari asas senioritas melainkan mengutamakan profesionalitas.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...