Siswa SMKN 1 Alas Didorong Berkiprah di Dunia Maritim

Bagikan berita

SUMBAWA, Samotamedia.com – Dosen Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar Capt. Nurwahidah mendorong para siswa untuk berkiprah di dunia maritim. Hal ini disampaikan Nurwahidah dalam dialog bersama siswa di SMKN 1 Alas pada Kamis (10/3/2022).

Dalam dialog tersebut Capt. Nurwahidah menceritakan pengalamannya selama 10 tahun berkiprah di dunia maritim. Dia menuturkan, di awal karir dia bekerja di kapal general cargo dengan rute pelayaran internasional (Malaysia, Singapore, Kamboja, Vietnam, dan China).

Posisinya saat itu sebagai mualim satu (chief officer/chief mate). Mualim satu adalah perwira deck senior. Dia perwira kepala departemen deck. Tugas dan tanggung jawabnya melaksanakan dinas jaga dan bertanggung jawab kepada Nakhoda.

Karirnya sebagai nahkoda kapal niaga perempuan tak terhenti sampai di situ. Dia bahkan pernah bekerja di kapal kargo lainnya seperti Kimtrans Co.Ltd Singapore hingga PT Pertamina. Berbicara pendapatan tentu menggiurkan. ”Di atas Rp 50 juta per bulan,” bebernya.

Singkat cerita, setelah berpengalaman 10 tahun sebagai pelaut internasional, Capt. Nurwahidah akhirnya memilih mengabdi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sebagai Dosen Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar hingga saat ini.

Sebagai SMK Kemaritiman, Capt. Nurwahidah mengajak pelajar, khususnya siswi SMKN 1 Alas untuk berani mengantungkan harapan dan cita-cita mereka sebagai pelaut handal di masa mendatang.

Menurutnya perempuan pelaut saat ini berperan dalam membangun ekonomi maritim dunia.
”Terlihat di kapal-kapal niaga, kapal tanker dan kapal general kargo telah mampu diawaki (perempuan) dengan handal, di dalam maupun di luar negeri,” tandasnya.

Kepala SMKN 1 Alas, Budi Susilo sangat berterimakasih atas motivasi yang diberikan Capt. Nurwahidah kepada muridnya itu. Dia berharap perjalanan karir sang kapten dapat menjadi tali pecut bagi siswa untuk terus berlajar sehingga dapat berkiprah di dunia maritim internasional di masa-masa yang akan datang.

Hal senada juga disampaikan Kepala KCD Dikbud Sumbawa, Nasrullah Darwis. Dia mengapresiasi kehadiran Capt. Nurwahidah di SMKN 1 Alas dan berdialog langsung dengan siswa. Sehingga banyak ilmu didapat.

”Menghadirkan guru tamu yang betul expert (Pakar) seperti Captain Nurwahidah di SMK Alas adalah sebuah prestisius. Siswa bisa bertemu langsung, dialog dengan captain laut perempuan, berbagi inspirasi dan pengalaman dengan para tarana dan tarani,” katanya. (jho)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...