Siswa SMPN 1 Sumbawa Juara III Nasional

Bagikan berita

SUMBAWA – Siswa SMPN 1 Sumbawa Rifqi Nurfadillah sukses menyabet juara III nasional di ajang try out online kompetisi sains nasional tahun 2020 dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Kompetisi tersebut digelar secara online oleh Wahana Pengetahuan (W-Pen) pada 17 Maret 2020 lalu. Karena terkendala Covid-19, hasilnya baru bisa diumumkan Baru-baru ini.

Wahana Pengetahuan (W-Pen) merupakan lembaga pusat edukasi dan pelatihan olimpiade sains nasional.

Kepala SMPN 1 Sumbawa, Arahman Semba mengungkapkan, awalnya ada tiga siswa yang ikut dalam simulasi KSN 2020 itu. Masing-masing satu siswa pada mata pelajaran IPA, IPS dan Matematika. Karena kesalahan tekhnis, siswa jurusan IPS gagal ikut serta. ”Ada tiga yang ikut. Yang dari jurusan IPS telat, sehingga tidak bisa,” kata Man Semba, Selasa (2/6/2020).

Baca juga:  Pendaftar Cenderung PHP, Satu Rombel di SMKN 1 Sumbawa Tidak Mencapai Kuota

Untuk mata pelajaran IPA wakili oleh Rifqi Nurfadillah. Siswa kelas VIII-5 ini menempati posisi ketiga dengan perolehan nilai 125. Sementara di posisi teratas yakni siswa SMP Darma Yudha dengan perolehan nilai 135. Menyusul di posisi kedua yakni siswa SMP Kharisma Bangsa dengan perolehan nilai 130. Nilai maksimal 200.

Sementara pada mata pelajaran Matematika diwakili oleh Andrew Devito Aryo. Namun Andrew kali tertinggal jauh. Dia berada di posisi 22 dengan perolehan nilai 40. Sementara posisi teratas yakni siswa SMP Semesta BBS dan SMP Pribadi Bandung dengan nilai sama 75.

Kemudian menyusul SMP Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi, SMPN 1 Denpasar dan SMPK 1 BPK Penabur Bandung dengan nilai sama 69. Sementara di posisi ketiga yakni siswa SMPIT At-Taufiq Depok dengan nilai 64. Nilai maksimal 75. ”Andrew urutan 22 dari 63 peserta,” terang Kepsek.

Baca juga:  Belum Mencapai Kuota, SMKN 2 Perpanjang Waktu Pendaftaran Tiga Kompetensi Keahlian

Meski belum bisa meraih nilai tertinggi, capaian siswanya itu cukup membanggakan pihak sekolah. Kasek berharap ke depannya capaian tersebut dapat dipertahankan serta ditingkatkan lebih baik lagi. ”Kami bangga, terus ditingkatkan lagi. Mudahan ini menjadi motivasi bagi Rifqi khsusnya dan siswa SMPN 1 pada umumnya,” harap Man Semba. (red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...