SMA Terbuka, Kesempatan Bagi Anak Putus Sekolah untuk Sekolah Kembali

Bagikan berita

SUMBAWA – Kabar gembira bagi anak usia SMA yang putus sekolah. Karena pemerintah telah membuka program SMA terbuka.

Melalui program ini diberikan kesempatan kepada anak putus sekolah untuk dapat bersekolah kembali.

Kegiatan belajar dibuka disejumlah SMA di Sumbawa, yang menjadi Pusat Kegiatan Belajar (PKB). Namun SMA terbuka induk ada di SMAN 4 Sumbawa Besar.

Bagi calon peserta didik baru bisa langsung mendaftarkan diri ke SMA induk atau di PKB terdekat. Syaratnya melampirkan fhoto copy ijazah atau SKHUN SMP/MTs sederajat.

Syarat lain melampirkan fhoto copy kartu keluarga, fhoto copy akta kelahiran, KTP, fas fhoto ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar. Dan yang terpenting bersedia mengikuti belajar selama 3 tahun, dan berusia maksimal 24 tahun.

Baca juga:  SMPN 4 Labuhan Badas Langganan Banjir

Terkait mekanisme pendaftaran, setiap calon peserta didik baru bisa langsung mendaftarkan diri ke SMAN 4 Sumbawa.

Sedangkan teknis pembelajarannya tidaklah terjadwal setiap hari. Sifatnya fleksibel. Namun dijamin mutu dan kualitasnya tidak kalah dengan sekolah pada umumnya. Ijazahnya pun setara SMA sederajat.

”Waktu belajar fleksibel, mutu terjamin dan ijazah setara SMA. SMA terbuka juga gratis,” ungkap Kepala SMAN 4 Sumbawa, Dra. Tutik Wahyuni, M.Pd kepada Samota Media saat ditemui di sekolanya, Jumat (4/6/2021).

Menurut Tutik, keberadaan program SMA terbuka patut disyukuri oleh masyarakat Sumbawa. Karena sangat membantu anak-anak yang kehilangan kesempatan belajar. Baik disebabkan masalah biaya atau masalah lainnya.

”Semoga dengan hadirnya sekolah terbuka di Kabupaten Sumbawa ini, dapat membantu masyarakat yang nyaris kehilangan kesempatan belajar di sekolah,” tandasnya. (cr-fh)

Baca juga:  SMK Se-Kabupaten Sumbawa akan Hadir di Desa

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...