SMAN 3 Sumbawa Terima 9 Rombel, Cek Jadwal PPDB dan Teknis Pendaftarannya di Sini

Bagikan berita

SUMBAWA – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA/SMK dimulai. Pada PPDB tahun ini, SMAN 3 Sumbawa masih menerima peserta didik baru dengan jumlah yang sama dengan tahun lalu. Yakni 9 Rombongan belajar (Rombel). Meliputi jurusan MIPA 5 Rombel dan IPS 4 Rombel.

”Setiap Rombel terdiri dari 32 siswa,” ungkap Kepala SMAN 3 Sumbawa, Drs. H. M Tahir, S.Pd.,M.Pd saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (3/6/2021).

Berdasarkan Juknis, PPDB dibuka melalui 4 jalur. Yakni jalur prestasi dengan kuota 15 persen, jalur perpindahan 5 persen, jalur afirmasi 20 persen dan jalur zonasi 60 persen.

”Untuk jalur prestasi, 6 persen nilai raport, 5 persen piagam, 4 persen prestasi keagamaan,” terangnya.

Pendaftaran Dilakukan Secara Online

Dijelaskan bahwa setiap calon peserta didik baru wajib melakukan pendaftaran secara online melalui laman https://ppdb.dikbud.ntbprov.go.id.

Sementara itu, sekolah akan memfasilitasi sarana pendaftaran atau tenaga operator bagi calon peserta didik yang kesulitan akses jaringan internet dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Baca juga:  Jangan Lewatkan, Pameran Temporer Ragam Hias Sumbawa Digelar 12-22 Agustus

H. Tahir sangat optimis target 9 Rombel bisa tercapai. Terlebih zonasi mencakup 21 wilayah. Meliputi Semongkat, Brang Bara, Bugis, Lempeh, Brang Biji, Uma Sima, Serading, Olat Rawa, Karang Dima.

Kemudian Labuhan Badas, Labuhan Sumbawa, Kanar, Jorok, Kerato, Uma Beringin, Nijang, Bajo Medang, Sebotok, Lajuhan Haji, Bugis Medang dan Samapuin.

Di samping itu, sekolah juga gencar melakukan sosialisasi dengan memanfaatkan media sosial, media online dan media cetak di Sumbawa.

Namun jika daya tampung tidak terpenuhi sesuai jadwal yang telah ditentukan, maka akan dilakukan perpanjangan masa pendaftaran. ”Tapi saya rasa tidak sulit (Capai target),” katanya, optimis.

Ini Jadwal PPDB SMA/SMK

Sesuai Juknis, PPDB SMA dimulai 2-10 Juni untuk pra pendaftaran dan verifikasi hasil pra pendaftaran 11-13 Juni. Jadwal tersebut berlaku untuk semua jalur pendaftaran.

Baca juga:  Fakultas Hukum UNSA Bagi Takjil dan Sembako Gratis

Sementara pendaftatan dan verifikasi sekolah 14-16 Juni untuk jalur prestasi dan jalur perpindahan. Pada 21-24 Juni untuk jalur afirmasi dan 29 Juni – 3 Juli untuk pendaftaran jalur zonasi.

Seleksi 17-18 Juni untuk jalur prestasi dan perpindahan. Pada 25-26 Juni untuk jalur afirmasi dan 5-7 Juli untuk jalur zonasi. Pengumuman 19 Juni untuk jalur prestasi dan perpindahan. Kemudian 28 Juni untuk jalur afirmasi dan 8 Juli untuk pendaftaran jalur zonasi.

Sedangkan pendaftaran ulang 21-22 Juni untuk pendaftaran jalur prestasi dan perpindahan, 29-30 Juni jalur afirmasi dan 8-10 Juli untuk pendaftaran jalur zonasi.

Sedangkan PPDB SMK mulai 2-10 Juni untuk pra pendaftaran. Sementara pendaftaran dan asasment 11-30 juni. Seleksi tanggal 1-2 Juli. Pengumuman 3 Juli. Pendaftaran ulang 5-8 Juli 2021. (Red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...