SMPN 1 Sumbawa Kembangkan Olahraga Panahan

Bagikan berita

SUMBAWA – Kegiatan ekstrakurikuler di SMPN 1 Sumbawa bertambah. Pihak sekolah saat ini melirik satu olahraga baru yakni olahraga panahan.

Keseriusan sekolah dalam menekuni bidang olahraga tersebut telah dimulai sejak akhir 2019 lalu. Dalam pelaksanaannya, sekolah berkerjasama dengan salah satu club panahan di Sumbawa.

”Kita juga kembangkan olahraga panahan,” ungkap Kepala SMPN 1 Sumbawa, Arahman Semba, S.Pd, Kamis (11/6/2020).

Meski olahraga baru di kalangan pelajar SMP 1, rupanya banyak siswa yang tertarik dengan olahraga tersebut. Baik laki-laki maupun perempuan. Untuk meningkatkan skill memanah siswa, mereka dilatih setiap minggu.

”Tiga kali seminggu. Jumat dan Sabtu, sore. Hari Minggunya pagi. Latihannya di Kodim,” terang mantan Kepala SMPN 1 Labuhan Badas ini.

Baca juga:  Progres Sirkuit Mandalika Capai 77 Persen, Moeldoko: Tidak ada Hambatan

Memang sejauh ini SMPN 1 belum memiliki fasilitas olahraga memanah. Namun ke depan, Man akan melengkapinya. ”Kalau sekarang memang belum, tapi ke depan iya akan kita lengkapi,” katanya.

Man menilai olahraga panahan adalah olahraga bergengsi. Terbukti dalam ajang olahraga nasional maupun internasional, memanah dilombakan. ”Di Sea Game kan itu dilombakan. Bahkan di olimpiade,” terangnya.

Dia berharap ke depannya olahraga panahan ini masuk sebagai salah satu item perlombaan dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN). ”Peluangnya bagus. Mudahan bisa dimasukkan ke dalam O2SN,” harap Man Semba.

Tidak hanya olahraga panahan. Pihak sekolah juga melakukan penguatan di bidang olahraga lainnya. Seperti bola dan karate. Dalam olahraga bola, pihak sekolah menggunakan jasa pelatih khusus.

Baca juga:  PSSI akan Diskusikan Pemotongan Gaji di Tengah Covid-19 dengan Pemain

Menurutnya, pelatih itu telah terbukti sukses menghantarkan SMPN 1 Labuhan Badas sebagai jawara nasional Liga Pelajar Indonesia (LPI) saat Man masih menjabat Kepala SMPN 1 Labuhan Badas dulu.

”Termasuk bola, atletik dan karate juga. Untuk bola, kita sudah punya pelatih. Untuk PMR, Pramuka dan yang lainnya, saya akan panggil pembinanya berbicara empat mata untuk meminta komitment dan keseriusan mereka dalam melakukan pembinaan,” terangnya.

Dengan peguatan di bidang non akademik tersebut, Man berharap ke depannya SMPN 1 Sumbawa unggul dalam segala bidang. Tidak hanya akademik, melainkan juga di bidang non akademik. (red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...