Sosialisasi 4 Pilar, Muhammad Syafrudin Ajak Jaga Kebersamaan

Bagikan berita

SUMBAWA, Samotamedia.com – Anggota Badan Sosialisasi MPR RI, H. Muhammad Syafrudin, ST., MM menggelar sosialisasi 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Sosialisasi digelar di Hotel Prahyangan, Sumbawa, Jumat (5/11/2021). Sasarannya pengurus dan anggota Pramuka Kwarcab Sumbawa.

Muhammad Syafrudin (HMS) menyampaikan 4 pilar kebangsaan harus disosialisasikan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika.

Selain itu, sosialisasi juga diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

Pancasila, kata dia, mengatur kehidupan bermasyarakat. Sehingga setiap orang harus sepakat bahwa Pancasila tidak boleh lepas dari kehidupan berbangsa dan bernegara. Segala perbedaan menguatkan dan menyatukan.

”Ya kegiatan seperti ini tidak hanya kegiatan seremonial, tetapi juga harus bisa dikembangkan kebersamaan, soliditas kepada semua kapan pun dan dimana pun kita berada,” kata anggota DPR RI dari fraksi Partai Amanat Nasional itu.

Baca juga:  Pembalap Idemitsu Asia Talent Cup Tiba di Mandalika 11 November

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sumbawa, Sandi, S.Pd., MM mengungkapkan, sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini selaras dengan gerakan pramuka. Yakni menjaga kesatuan dan persatuan serta menumbuhkan semangat cinta tanah air dan bangsa.

“Ini ada kesamaan, gerakan Pramuka tujuannya itu. Empat pilar itu gerakan peramuka. Bagaimana rasa nasionalisme muncul, ya kita harus memahami pancasila sebagai dasar undang-undang sebagai pedoman-pedoman kita,” katanya.

”Kemudian kita memahami keberagaman itu Bhineka Tunggal Ika kemudian NKRI ini harga mati. Nah ini yang harus terus ditanamkan dan tujuannya sama dan itu memang dilaksanakan oleh gerakan Pramuka dan diwujudkan,” imbuhnya.

Ketua panitia pelaksana kegiatan, Muhammad Iksan, S.Pd, M.Pd menargetkan seluruh peserta kegiatan dapat memahami dasar-dasar negara Indonesia untuk memperkuat kesatuan bangsa Indonesia.

“Jadi targetnya adalah bahwa semua peserta itu memahami tentang dasar-dasar negara yang memang sejatinya untuk memperkuat kesatuan bangsa Indonesia,” ucapnya.

Dia juga menekankan pentingnya generasi muda memahami nilai-nilai kebangsaan yang menjadi karakter dan kepribadian masyarakat Indonesia.

Baca juga:  Aksi Bela Palestina, Sekda NTB: Kami Senafas dengan Masyarakat

“Sangat penting sebenarnya penekanan nilai-nilai kebangsaan ini yang harus dipahami terutama oleh generasi muda kita. Artinya kita jangan lupa dengan sejarah dan kepribadian luhur bangsa kita karena bangsa kita ini berdiri atas dasar pancasila yang didasari oleh Undang-Undang Dasar 45. Tentunya itu menjadi sebuah nilai karakter, sebuah nilai luhur yang itu menjadi sebuah kepribadian masyarakat Indonesia,” terangnya.

”Sehingga di manapun mereka berada tentunya nilai-nilai ini akan dibawa dan menjadi sebuah nilai yang kuat baik itu mereka menjadi masyarakat daerah, masyarakat nasional maupun masyarakat internasional,” tambahnya.

Iksan berharap ke depannya ada kegiatan lain yang ditelurkan Rudy Mbojo. Seperti penghijauan, mengingat kondisi hutan Sumbawa yang mulai menggundul.

Agenda sosialisasi empat pilar kebangsaan juga dirangkaikan dengan pemberian bantuan untuk pengurus gerakan Pramuka Kabupaten Sumbawa sebagai bagian dari support program. (Cr-ham/*)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...