Sukses Digelar, Warga Uma Beringin Antusias Ikuti Lomba Penataan Lingkungan dan Gerak Jalan Sehat

Bagikan berita

SUMBAWA, Samotamedia.com – Lomba penataan lingkungan dan gerak jalan sehat antar RT dalam rangka memeriahkan HUT Ke-77 Republik Indonesia di Desa Uma Beringin, Kecamatan Unter Iwes berakhir sukses. Warga sangat antusias mengikuti perlombaan.

Untuk diketahui, lomba penataan lingkungan berlangsung dari 1 Agustus hingga 27 Agustus 2022 yang diikuti 19 RT peserta. Sementara lomba gerak jalan sehat digelar 27 Agustus diikuti 41 regu dengan dua kategori lomba. Kategori dewasa dan anak-anak.

Ketua Panitia Lomba Penataan Lingkungan, A Rahmansyah, M.M.Inov mengatakan, lomba ini bertujuan untuk meningkatkan semangat silaturrahmi antar masyarakat serta membangkitkan semangat gotong royong dalam rangka HUT Kemerdekaan RI Ke-77.

Selain itu juga sebagai ajang untuk mengedukasi masyarakat agar senantiasa menjaga pola hidup bersih dan sehat. Bahkan yang tak kalah penting yakni mengedukasi Ketua RT setempat agar tertib administrasi.

”Lebihnya lomba tahun ini ada penataan administirasi tingkat RT. Hampir semua desa jarang memiliki administirasi tingkat rt. Sehingga fokus lomba, administrasi tingkat RT. Mulai dari data jumlah penduduk dan lain-lain,” kata A Rahmansyah dalam sambutannya di malam penutupan, Minggu (28/8/2022) malam.

Untuk menjamin netralitas, pihak Pemerintah Desa menggandeng pihak dinas terkait sebagai dewan juri. Meliputi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMD) Sumbawa, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa.

Kemudian ada juga keterlibatan unsur Tenaga Ahli TPP Kemendes Kabupaten Sumbawa, Danramil Sumbawa dan Polsek Kota. Dia berharap dengan lomba ini, warga Desa Uma Beringin menjadi terbiasa dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

”Jangan hanya saat lomba saja hidup bersih dan sehat. Tapi seterusnya. Jangan hanya saat ada lomba bersihkan lingkungan dan harapkan hadiah, tapi menjadi rutinitas,” tandasnya.

Baca juga:  BLT DD Desa Maria Sasar 105 KK

Kades Uma Beringin, Suraiman, S.Sos mengucapkan terimakasih kepada panitia, dewan juri dan warga yang telah ikut serta dalam perlombaan tahun ini. Berkat kerjasama yang baik antar semua pihak, kegiatan dapat terlaksana sesuai dengan yang diharapkan.

”Ini luar biasa. Saya tidak menyangka seperti ini antusiasme masyarakat. Di benak saya untuk peserta gerak jalan hanya belasan regu ternyata 41,” ucapnya.

Dia berharap dengan adanya lomba ini semakin mempererat tali silaturrahmi antar masyarakat serta meningkatkan semangat gotong royong. Dan yang tak kalah penting, lomba ini mengajarkan masyarakat tentang pentingnya menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Kepada yang belum berhasil juara diharapkan untuk tidak berkecil hati karena masih ada kesempatan tahun depan. Sebaliknya bagi yang juara, jangan cepat puas. Melainkan jadikan hal itu sebagai motivasi untuk terus menata lingkungannya lebih baik lagi di masa-masa yang akan datang.

Camat Unter Iwes, Ir. Nawawi mengaku apresiatif atas kegiatan yang digelar Pemerintah Desa Uma Beringin. Menurutnya, kegiatan semacam ini harus tetap dilaksanakan secara berkesinambungan.

Sementara desa-desa lain di lingkup Kecamatan Unter Iwes diharapkan untuk menggelar kegiatan serupa. ”Terimakasih kepada pemerintah Desa Uma Beringin. Ini harus dicontoh oleh desa lain. Ke depan harus dievaluasi untuk ke ke depannya lebih baik lagi,” pungkasnya.

Daftar Juara Lomba

Juara I lomba penataan lingkungan diraih RT 02 RW 03 Dusun Uma Beringin. Disusul RT 03 RW 02 Dusun Uma Kopang sebagai juara II. RT 02 RW 05 Dusun Unter Gedong juara III.

Baca juga:  Pengurus Perserikatan BUMDesa Kabupaten Sumbawa Dilantik

Sementara juara harapan I diraih RT 01 RW 03 Dusun Uma Beringin. Harapan II RT 01 RW 01 Dusun Uma Beringin. Harapan III RT 02 RW 06 Dusun Uma Beringin. Harapan IV RT 02 RW 08 Dusun Uma Beringin dan juara harapan V diraih RT 02 RW 01 Dusun Uma Beringin.

Atas perolehan tersebut, para juara berhak atas piagam penghargaan, piala dan uang tunai dengan total belasan juta rupiah.

Juara I Rp 2.850.000, juara II Rp. 2.375.000, juara III Rp 1.900.000, Juara Harapan I Rp 1.662.500. Harapan II Rp 1.425.000, harapan III Rp 1.187.500, harapan IV Rp 475.000 dan juara harapan V Rp 475.000.

Sementara lomba gerak jalan sehat, juara I untuk kategori dewasa disabet nomor punggung 006 Dusun Uma Kopang. Menyusul SMPN 1 Unter Iwes dan nomor punggung 006 Dusun Unter Gedong sebagai juara II dan III.

Sementara juara harapan I diraih nomor punggung 012 Dusun Uma Kopang. Harapan II diraih nomor punggung 003 Dusun Unter Gedong. Harapan III nomor punggung 023 Dusun Uma Beringin dan juara harapan IV diraih nomor punggung 010 Dusun Uma Beringin.

Sedangkan untuk kategori anak-anak, juara I diraih peserta nomor punggung 016 Dusun Uma Kopang. Juara II dan III diraih nomor punggung 036 SDIT Darul Muhsinin dan nomor punggung 031 SDN Uma Beringin.

Juara harapan I diraih peserta nomor punggung 028 Dusun Uma Kopang. Harapan II diraih nomor punggung 038 Dusun Uma Beringin. Harapan III nomor punggung 027 Dusun Uma Kopang. Sedangkan dalam kategori terunik gelar juara diraih peserta nomor punggung 007 Dusun Uma Kopang. (Jho)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...