Sumbawa Sukses Raih WTP Delapan Kali Berturut

Bagikan berita

SUMBAWA – Kabupaten Sumbawa kembali mendapat predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke 8 kali dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Predikat tersebut diraih berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan BPK atas LKPD Kabupaten Sumbawa Tahun Anggaran 2019. Dengan ini, Kabupaten Sumbawa sukses meraih WTP selama 8 kali Berturut-turut.

BPK Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Barat menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Kabupaten Sumbawa bersama tiga Kabupaten/Kota di Provinsi NTB Tahun Anggaran 2019. Penyerahan LHP melalui video conference sebagai pelaksanaan physical distancing dalam antisipasi dampak virus covid-19.

LHP tersebut diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi NTB, Herry Purwanto secara simbolis kepada Bupati Sumbawa HM Husni Djibril B.Sc dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Drs Mochammad Ansori.

Baca juga:  Ini Tanggapan Gubernur NTB Terhadap Pandangan Umum Fraksi

Penyerahan ini disaksikan Wakil Bupati Drs H Mahmud Abdullah, Sekda Drs H Hasan Basri MM dan Inspektur Daerah, Drs. H. Baharuddin MM. Selanjutnya, LHP dikirimkan dalam bentuk softcopy melalui email.

Dalam pelaksanaan tugas pemeriksaan LKPD TA 2019, BPK melaksanakan prosedur pemeriksaan secara online, di antaranya wawancara, konfirmasi, dokumentasi dan prosedur alternatif cek fisik.

Pelaksanaan prosedur pemeriksaan tersebut telah didukung dengan kerjasama Pemerintah Daerah dengan melaksanakan pengiriman dokumen pendukung dan diskusi secara online dan/atau langsung di kantor dengan tetap menjaga jarak sesuai protokol pencegahan COVID-19. Sehingga tugas konstitusional BPK dapat selesai dengan lancar.

Sekda Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri MM saat dimintai tanggapannya, Selasa (2/6/2020) menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak atas capaian Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa.

Baca juga:  Jarot - Mokhlis Jamin Ketersediaan Air Bersih di Sumbawa

Tentu, lanjut Sekda, predikat ini bukan kerja satu atau dua orang, melainkan hasil kerja bersama. Ini juga bukti bahwa OPD-OPD sudah melaksanakan tugas pengelolaan keuangan dengan baik dan berjalan sesuai aturan.

”Sehat atau tidak pengelolaan keuangan suatu daerah dinilai dari predikat opini ini. Kan Kabupaten Sumbawa sudah membuktikan pengelolaan keuangan dengan baik dan benar melalui Opini WTP ini,” pungkasnya. (red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...