Tagana Sumbawa Bakal Punya Markas Sendiri

Bagikan berita

SUMBAWA, Samotamedia.com – Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Sumbawa bakal punya markas sendiri. Hal itu diungkapkan Ketua Tagana, Dedi Susanto dalam keterangan pers, Selasa (17/1/2023).

Dedi mengatakan, markas Tagana akan dibangun secara permanen di lahan kosong samping gudang logistic Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa. Anggarannya bersumber dari dana Pokir DPRD Sumbawa tahun 2023.

”Alhamdulillah dengan Kabid Linjamsos yang baru kita akan memiliki markas baru,” kata pria yang juga menjabat sebagai Koordinator FK Tagana Provinsi Nusa Tenggara Barat itu.

Selama ini, keberadaan markas Tagana berpindah-pindah. Terakhir, Tagana bermarkas di salah satu ruangan Kantor Dinas Sosial (Disos) Kabupaten Sumbawa. Selain sempit, ruangan tersebut digunakan bersama dengan Seksi Kebencanaan Disos.

Memiliki markas yang representatif, lanjut Dedi, menjadi harapan jajarannya untuk memudahkan koordinasi, komunikasi dan mobilisasi anggota maupun logistic saat terjadi bencana.

Baca juga:  Berangkat Haji Harus Nunggu 33 Tahun

Setelah markas rampung, pihaknya akan mengupayakan kelengkapaj fasilitas pendukung lainnya. Seperti peralatan komunikasi dan administrasi.

Selama ini, kata Dedi, Tagana minjam komputer milik Disos. Sehingga banyak file atau data anggota Tagana Sumbawa yang hilang, atau tidak tersimpan dan tercecer.

”Setiap kali ada permintaan data anggota oleh propinsi, kami selalu meminta anggota kembali mengumpulkannya. Padahal data ini sebenarnya sudah mereka lengkapi dari tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Dedi mengapresiasi perhatian Ketua DPRD yang setiap tahun selalu mensupport keberadaanTagana Sumbawa. Bahkan tahun 2022 lalu, Ketua DPRD mengalokasikan dana Pokirnya untuk operasional Tagana.

”Perhatian beliau sangat luar biasa. Beliau bukan orang lain di Tagana, karena beliau adalah pembina kehormatan Tagana Sumbawa,” ungkap Dedi.

Baca juga:  Konvoi Kelulusan Pelajar SMKN 1 Bayan Dicegat Polisi

Sementara itu Ketua DPRD Sumbawa, Abdul Rafiq siap mendukung program-program Tagana, terutama dalam hal kebencana. Ia menilai kiprah Tagana Sumbawa selama ini sangat luar biasa. Selalu menjadi garda terdepan dalam menangani setiap bencana.

Karenanya, sudah sepatutnya pemerintah memberikan perhatian serius apa yang menjadi kebutuhan Tagana sehingga penanganan pra, saat dan pasca bencana khususnya di Kabupaten Sumbawa dapat lebih maksimal.

”Kita tidak bisa menutup mata, karena tugas Tagana ini menyangkut keselamatan jiwa manusia. Kewajiban kita semua terutama pemerintah daerah membantu Tagana. Karena Tagana Sumbawa adalah aset daerah,” pungkasnya. (Red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...