Tanam Kelengkeng dan Duren di Kerekeh, Johan Rosihan Ajak Masyarakat Jaga Hutan

Bagikan berita

Samotamedia.com – Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PKS H. Johan Rosihan melakukam penanaman pohon dengan masyarakat di Desa Kerekeh Kecamatan Unter Iwis Kabupaten Sumbawa, Sabtu (4/7/2020).

Selain menanam pohon anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PKS tersebut juga membagikan pohon kelengkeng dan duren kepada sejumlah kepala desa Se-Kecamatan Unter Iwis.

H. Johan dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat Sumbawa untuk menghijaukan hutan yang ada di Kabupaten Sumbawa. “Mari kita hijaukan hutan kita. Caranya dengan menanam pohon yang bisa bermanfaat untuk anak cucuk kita kedepan,” ungkapnya, Sabtu (4/7/2020).

Menurutnya menanam pohon itu ada nilai yang terkandung di dalamnya. “Orang tua kita dahulu mengajarkan untuk selalu menanam pohon. Karena dari apa yang kita tanam tersebut tentu buahnya akan dinikmati oleh seseorang atau binatang dan itu merupakan amal jariyah,” tandasnya.

Baca juga:  Ini Instruksi Pangdam Udayana Terkait Penanganan Covid-19

Beberapa waktu lalu, seluruh Kades se- Kecamatan Unter Iwis pernah bertemu dengan dirinya. Inti dari pertemuan tersebut. untuk sama-sama untuk membangun Desa dengan melibatkan semua stekholder yang ada.

Kerekeh, lanjut dia, merupakan desa penyangga air untuk Sumbawa. Sehingga kelestarian Hutan Kerekeh harus benar-banar dijaga. “Kita upayakan nanti ada proyek dari pusat. Kerekeh juga bisa untuk bersepeda. Karena, di Desa tersebut ada gunung, bukit dan lembah dan cocok untuk adrenalin,” katanya.

Di bagian lain, H. Johan mengungkapkan bahwa penambahan bantuan kopi arabika di Desa Tepal Kecamatan Bantulanteh telah disetujui oleh Kementerian. “Alhamdulillah untuk bantuan kopi arabica seluas 400 sampai dengan 600 hektar sudah disetujui oleh Kementerian. Dan ini buah dari kerja kita bersama,” ucapnya.

Ke depan hal ini harus diseriusi serta harus dikawal dengan baik. Agar program dari pemerintah bisa bermanfaat untuk masyarakat Sumbawa khususnya di Desa Kerekeh.

Baca juga:  Danrem 162/WB Tinjau Progres Pembangunan RTG di Sejumlah Daerah

“Masyarakat harus serius untuk mengawal program ini. Pesannya sesuatu yang disampaikan dengan hati insya alah akan sampai ke hati pula,” katanya.

Sementara itu Kepala Desa Kerekeh, Muksin mengatakan bahwa desanya merupakan Daerah Aliran Sungai (DAS). Sumber air di desa ini sangat banyak. Namun belum dikelola secara maksimal. Sehingga perlu dukungan semua pihak untuk memaksimalkan demi menjaga mata air tersebut.

”Kami tentu berharap kepada Bapak H. Johan Rosihan untuk dapat membatu masyarakat di Desa kerekeh ini,” harpanya.

Diketahui hadir pada acara penanaman pohon tersebut ikut mendampingi H. Johan Rosihan Camat Unter Uwis, Kapolpossektor, KPH Puncak Ngengas Bantulanteh, Sekdis Pertanian dan Ketua DPD PKS Kabupaten Sumbawa. (red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...