Tenaga Kerja Harus Dipersiapkan Sesuai Kebutuhan Dunia Usaha dan Industri

Bagikan berita

MATARAM – Wakil Gubernur Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd meminta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB untuk mempersiapkan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan pasar kerja atau dunia usaha dan industri ke depan.

Kompetemsi calon tenaga kerja yang mengikuti program pelatihan di Balai Latihan Kerja harus digali. Agar mereka dapat terserap oleh dunia usaha atau pasar kerja regional maupun nasional.

“Jangan sampai tenaga kerja yang dilatih, tidak dibutuhkan oleh dunia industri atau pasar kerja nanti,” ujar Rohmi saat rapat koordinasi dengan Asisten I Setda dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi di Aula Pendopo Wagub, Jum’at (28/5/2021).

Menurut Wagub, di era pasar kerja terbuka saat ini, NTB wajib menyiapkan dan menggunakan tenaga kerja lokal.

Baca juga:  Wagub NTB Hadiri Pembukaan ISEF 2020 Secara Virtual

Seperti berbagai potensi yang ada di sekolah menengah kejuruan. Misalnya persiapan untuk pembangunan Smelter di Sumbawa dan Moto GP Mandalika. Kebutuhan tenaga kerja terutama tenaga kerja lokal harus mulai direncanakan dengan riil di lapangan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB. I Gede Putu Aryadi, S.Sos., MH mengatakan, pihaknya sedang menata dan mengidentifikasi semua persoalan di dinas.

Termasuk saat ini sedang meningkatkan link and match dengan dunia usaha, agar pasar kerja yangbtersedia dengan tenaga kerja yang disiapkan dan dilatih di BLK dapat sinkron.

Dari data, tahun 2020-2021 ada sekitar 10.000 calon tenaga yang dilatih di BLK. Baru terserap sekitar 4.000 tenaga kerja. Itulah pentingnya ada match dan link dengan dunia usaha untuk hal ini.

Baca juga:  Namanya Keluar Sebagai Penerima BST, PD Ini Tolak Terima Bantuan

“Di NTB ada 113 mitra kerja terakreditasi yang akan tingkatkan koordinasi serta link and match, agar serapan tenaga kerja tercapai,” pungkas Gede. (Red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...