Tiga Calon Kades Tuntut Penundaan Pelantikan, Kabag Hukum: Tetap Dilantik

Bagikan berita

SUMBAWA – Tiga calon Kepala Desa Semamung, Kecamatan Moyo Hulu atas nama Sesung, Indirmawan dan Nauval Firmansyah, SH melalui Kuasa hukumnya Febriyan Anindita, SH telah melayangkan Surat Kepada Bupati Sumbawa.

Prihal surat dengan nomor : 004/P3K-KADES/F.A-LO/IV/2020 tertanggal 9 April 2020 itu yakni permohonan penundaan pelantikan Kepala Desa terpilih Semamung, Rudi Mustaid.

Febriyan melalui siaran persnya mengatakan, bahwa pihaknya telah menyampaikan surat permohonan tersebut kepada Bupati Sumbawa. Atas dasar bahwa ke tiga calon kepala desa telah mengajukan Gugatan kepada Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Mataram.

Pendaftaran Gugatan telah diterimah oleh PTUN Mataram dengan Perkara Nomor : 15/G/2020/PTUN.MTR, tertanggal 7 April 2020. ”Adapun poin-poin di dalam surat permohonan itu, diantaranya yaitu karena di dalam Petitum gugatan juga dimohonkan penundaan pelaksanaan pelantikan kepala desa Kepala Desa Semamung, Kecamatan Moyo Hulu,” sebut Febriyan.

Hal ini, kata dia, sesuai dengan Pasal 67 Ayat 2 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1986 Tentang Peradilan Tata Usaha Negara (mohon disebut UU No. 5 tahun 1986).

Baca juga:  Ini Kondisi Terkini Warga Labuhan Bontong Pasca Tiga Warga Terkonfirmasi Positif Corona

Dalam pasal tersebut menyebutkan bahwa ‘Penggugat dapat mengajukan permohonan agar pelaksanaan Keputusan Tata Usaha Negara itu ditunda selama pemeriksaan sengketa Tata Usaha Negara sedang berjalan, sampai ada putusan pengadilan yang memperoleh kekuatan hukum tetap’

Alasan selanjutnya, kata dia, terdapat keadaan yang sangat mendesak yang mengakibatkan kepentingan ke Tiga Calon selaku Penggugat serta kepentingan 735 (Tujuh Ratus Tiga Puluh Lima) warga masyarakat Desa Semamung.

Menurutnya, masyarakat sangat dirugikan jika Surat Keputusan Panitia Pemilihan Kepala Desa Semamung tetap dilaksanakan. Surat Keputusan Panitia Kepala Desa Semamung yaitu Surat Keputusan Nomor : 140/49/Pan.Pilkades Smg/2020 Tentang Penetapan Calon Kepala Desa Terpilih Desa Semamung Kecamatan Moyo Hulu Pada Pemilihan Kepala Desa Serentak Kabupaten Sumbawa Tahun 2020, tertanggal 4 Maret 2020.

Di samping itu, surat permohonan yang ditujukan kepada Bupati Sumbawa juga bertujuan untuk memperlancar jalannya proses persidangan pada PTUN Mataram serta demi menghargai dan menghormati proses hukum yang akan berjalan.

Baca juga:  Rangkul Lawan Politik, Kades Labuhan Burung Satukan Persepsi Untuk Kemajuan Desa

Terkait hal ini, Kepala Bagian Hukum Setda Sumbawa, H. Asto Wintioso, SH mengaku bahwa pihaknya belum menerima surat tersebut. ”Coba konfirmasi saja ke DPMD Kabupaten Sumbawa. Kami Bagian Hukum sampai saat ini belum tahu info tersebut,” ujarnya.

”Yang jelas, kalau surat itu tujuan ke Pemkab Sumbawa, kalau jika ada, itu sudah salah tujuan. Karena tidak ada kewenangan Pemkab Sumbawa untuk menunda,” jelasnya.

Menurutnya, pelantikan tetap dilakukan. Sesuai dengan Perda Kabupaten Sumbawa nomor 1 tahun 2015 tentang kepala desa, pasal 66 ayat 7 disebutkan bahwa ‘apabila terjadi proses hukum berkaitan dengan adan keberatan atas penetapan hasil pemilihan, maka Bupati atau pejabat yang ditunjuk atas nama Bupati tetap melantik kepala desa terpilih, kecuali ditapan lain oleh pengadilan’.

”Lihat Pasal 66 ayat (7) sangat jelas. Perda Kabupaten Sumbawa Nomor 1 Tahun 2015 tentang Kepala Desa,” pungkasnya. (jho)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...