TP PKK Desa di Moyo Hulu Dilantik, Kades Diminta Support Setiap Program

Bagikan berita

SUMBAWA – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa di wilayah Kecamatan Moyo Hulu dilantik. Pelantikan dilakukan oleh Ketua TP PKK Kecamatan, Ida Hamida Ulumuddin, SE, Rabu (17/6/2020).

Kegiatan yang dipusatkan di aula Kantor Camat Moyo Hulu itu berjalan khidmat dengan menggunakan standar protokol covid 19.

Ketua TP PKK Kecamatan Moyo Hulu, Ida Hamida Ulumuddin, SE dalam sambutannya memaparkan sejarah awal berdirinya PKK.

Dijelaskannya bahwa PKK berdiri di era orde baru. Yakni mengemban sepuluh program pokok dengan prinsip untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia. Baik material, spritual guna memenuhi kebutuhan dasar yang layak.

Pada kesempatan tersebut, Ida berharap agar PKK Desa bisa bekerja maksimal dengan tetap membangun kemitraan dengan desa guna mendorong sepuluh program pokok itu, bisa dilaksanakan dengan menggerakkan Dasa Wisma dan Pokja agar berperan aktif. Sehingga bisa lebih baik dari sebelumnya.

Baca juga:  Camat Beberkan Kondisi BUMDes di 12 Desa di Moyo Hulu

Selain itu, PKK juga diharapkan ambil bagian dalam pengembangan potensi masyarakat sesuai kearifan lokal melalui produk UMKM.

Ia mengapresiasi terkait produk UMKM lokal di sejumlah desa. Salah satunya di Desa Batu Tering dengan mengembangkan susu kerbau (Kadoku Batu Tering) dan jadi potengnya. Ia berharap Desa lain pun mulai berbenah.

“Saya yakin jika produknya sudah ada dengan memanfaatkan teknologi masa kini pemasaran bukan menjadi suatu masalah,” katanya.

Sementara itu, Camat Moyo Hulu Ulumuddin, SE dalam sambutannya mengatakan bahwa PKK adalah mitra strategis pemerintah Desa dalam menjalankan pembangunan.

Oleh karenanya, Kepala desa harus menyupport setiap program PKK. Di samping support anggaran, juga melalui pembinaan rutin hingga program bisa terukur.

Baca juga:  Saran Ketua FK2D Atas Kondisi yang Dihadapi Warga Labuhan Bontong

”Program PKK bisa disupport oleh Kepala Desa dengan memasukkan anggaran dalam APBDes,” jelas Camat.

Di samping itu, Camat juga berharap kepada Ketua TP PKK yang baru dilantik agar dalam penyusunan pengurus maupun program kerja dapat mengacu pada Perda 14 tahun 2019.

Saat ini, lanjutnya, ada tiga desa di Moyo Hulu yang menjadi lokus perhatian dalam penanganan stunting sebagai akibat dari terjadinya kekurangan gizi kronis. Sehingga menyebabkan pertumbuhan tidak normal.

”Selamat atas dilantiknya ibu PKK yang baru. Jadilah mitra strategis pemerintah desa dalam mengawal dan melakukan perubahan didesa masing-masing,” ucapnya. (red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...