Uma Beringin Cairkan BLT DD Dua Bulan Sekaligus, Periode Juni Menyusul

Bagikan berita

SUMBAWA – Pemerintah Desa Uma Beringin Kecamatan Unter Iwes akhirnya menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT) kepada warga terdampak Covid-19.

Lantaran sempat terlambat, bantuan pun disalurkan dua bulan sekaligus. Yakni periode April dan Mei. Penyerahan dipusatkan di aula kantor Desa, Rabu (10/6/2020).

Karena masih dalam setuasi Covid-19, penyaluran BLT DD tetap mengedepankan protokol covid-19.

”Untuk menghidari kerumunan, kita salur tiga tahap di hari yang sama,” kata Kades Uma Beringin, Suraiman di ruang kerjanya, Rabu (10/6/2020).

Menurutnya, total penerima manfaat BLT DD sebanyak 105 orang. Dengan total anggaran Rp190 juta.

Kades memastikan BLT DD tepat sasaran. Karena warga penerima manfaat telah melalui proses pendataan dan verifikasi.

Baca juga:  Demo Kepala Desa, Pemuda Ncera Blokir Jalan dan Bakar Ban

”Pendataan dilakukan oleh RT/RW dibantu BPD. Karena mereka lebih tau mana warga yang berhak menerima bantuan,” terangnya.

Di samping itu, Kades juga memastikan bahwa penerima BLT DD tidak mendapat banruan sosial lainnya.

”Kita sempat terlambat (Penyaluran) kemarin, karena pendataannya Hati-hati. Agar data tidak tumpang tindih dengan dana bantuan lainnya,” tutur Kades.

Sementara untuk BLT DD periode bulan Juni akan dicairkan dalam waktu dekat. ”Insya Allah minggu depan kita cairkan,” kata Kades Suraiman.

Sebagian besar warga miskin yang terdampak Covid di Uma Beringin telah mendapat bantuan. Bagi yang tak terakomodir dalam BLT DD, mereka mendapat jatah melalui Bantuan Sosial Tunas (BST), JPS Gemilang, PKH dan BPNT Kemensos.

Baca juga:  Ini Rencana Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa 2020 di KSB

Jumlah penerima JPS Gemilang 25 orang. Penerima manfaat BST per 4 Juni 2020 sebanyak 165 orang. Di samping tambahan 2 Lansia dan 2 disabilitas.

Sementara keluarga penerima manfaat PKH 69 dan BPNT 46 orang. ”Yang tercatat dalam Basis Data Terpadu (BDT) 307 orang, per januari 2020,” ungkapnya.

Kades berharap agar bantuan dari pemerintah dapat dimanfaatkan dengan baik. Guna memenuhi kebutuhan sehari-hari selama masa pandemi. (red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...