UNSA Kembali Menangkan Hibah Kemenristek/BRIN

Bagikan berita

SUMBAWA Samotamedia.com – Tim dari Universitas Samawa (UNSA) kembali memenangkan hibah dari Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek)/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D).

Tim tersebut masing-masing dibimbing oleh Heri Kurniawansyah HS, S.AP., MPA dengan judul proposal ‘Membangun Ekonomi Desa melalui Pemberdayaan Potensi Gerabah di Desa Ngeru, Kecamatan Moyo Hilir, Kabupaten Sumbawa’.

Kemudian tim lainnya dibimbing Dwi Mardhia, M.Sc dengan judul proposal ‘Eco KJA : Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Ekowisata Keramba Jaring Apung di Desa Batu Bangka’.

Heri Kurniawansyah HS, S.AP., MPA menjelaskan, program hibah ini merupakan program yang fokus pada pemberdayaan di desa. Dengan demikian, UNSA memperkuat program kemitraan antara dunia kampus, desa, dan pemerintah.

”Hibah ini merupakan bentuk komitmen UNSA dalam memperkuat kapasitas perekonomian desa yang selaras dengan poin of view nawacita pemerintah pusat,” terang dosen Fisipol UNSA sekaligus Pembina Fisipol Corner ini.

Baca juga:  SMKN 3 Sumbawa Buat Batik Milenial, Kadis Dikbud NTB Siap Promosi

Program hibah ini, lanjut Heri, nantinya akan fokus pada program pemberdayaan dan bantuan input dari masing-masing unit usaha masyarakat di desa sebagai kelompok sasaran.

”Ini adalah prestasi membanggakan, sebab melalui tangan UNSA, hibah kepada desa bisa kita raih dan nantinya akan kami sampaikan kepada desa kelompok sasaran dalam bentuk program dan bantuan,” katanya.

Di samping itu, program ini juga merupakan bentuk nyata dari penerapan prinsip-prinsip good government. ”Maka UNSA menjadi advocator untuk menyambung kemitraan tersebut,” pungkasnya.

Sementara itu, Dwi Mardhia mengungkapkan, untuk memenangkan hibah ini tidaklah mudah. Di samping bersaing ketat dengan perguruan tinggi populer lainnya se Indonesia, tim juga perlu menyakinkan pemberi hibah dengan proposal yang jelas dan memiliki orientasi yang nyata.

Baca juga:  Halamam Subsektor Kota Disulap Menjadi Area Belajar Sehat Gratis Internet

”Itulah yang kami lakukan. Sehingga melalui program ini nantinya kami berkomitmen membantu masyarakat desa kelompok sasaran. Dalam peningkatan ekonomi desa, sekaligus membantu pemerintah daerah dalam mengembangkan potensi desa,” kata Kaprodi MSP Fakultas Peternakan dan Perikanan UNSA ini.

Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan M. Salahuddin, M.Si sangat mengapresiasi prestasi tersebut. Di samping sukses meraih hibah PHP2D, UNSA juga mampu meraih hibah lainnya dalam rentang waktu yang sama. Yakni hibah PDP 3 dosen, KKN PPM 2 dosen, PKM 1 dosen, PPDM 1 dosen.

”Sementara untuk mahasiswa mendapatkan hibah KBMI 3 kelompok mahasiswa, dan PKM lima kelompok mahasiswa. Ini prestasi membanggakan dan sangat prestisius, salut dan bangga. Selamat,” ucapnya. (red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...