UNSA Wisudakan 412 Mahasiswa, Total Alumni Mencapai 8.204 Orang

Bagikan berita

SUMBAWA, Samotamedia.com – Universitas Samawa (UNSA) kembali mencetak ratusan sarjana baru. Tahun ini sebanyak 412 mahasiswa diwisuda. Dengan wisuda angkatan ke 18 itu alumni UNSA semakin bertambah kini mencapai 8.204 orang.

”Seluruhnya berjumlah 412 orang yang berasal dari 8 fakultas dan 17 program studi,” kata Rektor UNSA, Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar, M.Pd dalam sambutannya di wisuda angkatan ke 18 yang digelar di Ruang Auditorium UNSA, Jumat (29/10/2021),

Wisuda UNSA tahun ini bertepatan dengan haru ulang tahun UNSA ke 23. Di usia yang ke 23 tahun, UNSA telah banyak mengalami kemajuan. Menurutnya banyak prestasi membanggakan baik di bidang akademik maupun non akademik.

Diakui, perkembangan mahasiswa UNSA 10 tahun terakhir mengalami pasang surut. Itu disebabkan banyaknya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) baru yang bermunculan. Meski demikian peminat UNSA terus bermunculan dari berbagai pelosok di Kabupaten Sumbawa maupun dari luar Kabupaten Sumbawa.

”Alhamdulillah UNSA tetap terpercaya dan tetap eksis sampai saat ini,” imbuh Prof Ude, akrab rektor disapa.

Ada beberapa faktor yang menjadikan UNSA masih menjadi pilihan mayarakat Sumbawa. Selain lokasi kampus yang strategis di pusat kota, juga biaya studi relative murah. Bahkan, UNSA menjadi PTS dengan dosen begelar doktor terbanyak di NTB.

”Kurang lebih 20 doktor maupum calon doktor dengan kualifikasi keahlian dalam berbagai bidang,” ungkapnya.

Terkait prasarana penunjang kegiatan pembelajaran, UNSA memiliki empat lokasi kampus. Kampus Fakultas Hukum yang berlokasi di Jln Yos Sudarso. Kampus Fakultas Kesehatan di KM 5. Satu lagi di Bukit Biling Monte Desa Kerato dan Jorok, dan satu lagi kampus induk di Sering.

”Niat kami maunya semua fakultas bergabung di Kampus Terpadu Biling monte karena lahannya cukup luas kurang lebih 25 hektar tapi apa daya uang tak punya untuk membangun berbagai fasilitas yang dibutuhkan,” ujarnya, sambari mengungkap sejumlah kekurangan yang terus dibenahi.

Di akhir sambutan, Prof Ude mengucapkan selamat kepada para wusudawan. Dia berharap para wisudawab nantinya dapat berkiprah dan mengamalkan ilmu sesuai dengan keahliannya masing-masing.

”Pesan kami, jaga nama baik almamater, pelihara sikap dan perilaku yang baik, hindari perbuatan-perbuatan tercela yang bisa merusak citra diri saudara maupun almamater secara keseluruhan. Tetaplah berpegang teguh pada kode etik keilmuan dan nilai-nilai moral. Untuk dicamkan bahwa ‘ilmu tanpa moral akan menjadi hampa dan celaka’,” pungkasnya.

Wisuda angkatan ke 18 UNSA diikuti secara vritual oleh Dirjen Dikti Kemendikbudristek RI Prof. Ir. Nizam, MSc, PhD. Kepala L2Dikti Wilayah VIII, Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa,MSi. Hadir juga sejumlah tokoh nasional, Prof. Dr. H. M Din Syamsuddin, MA. Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Pulau Sumbawa, H. M. Syafruddin, ST, MM.

Kemudian hadir juga Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah. Perwakilan DPRD Kabupaten Sumbawa, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Sumbawa hingga para pimpinan cabang sejumlah bank di Sumbawa. (Red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...