Vaksinasi Masih di Bawah 40 Persen, PPKM Sumbawa Naik Level

Bagikan berita

SUMBAWA, Samotamedia.com – Pemerintah Daerah terus melakukan percepatan vaksinasi. Karena level PPKM kabupaten kota dinaikkan satu level apabila capaian total vaksinasi dosis satu kurang dari 40 persen.

”Tingkat capaian vaksinasi Kabupaten Sumbawa berada pada kisaran 33 persen untuk dosis 1 dan 17 persen untuk dosis 2. Sehingga yang sebelumnya Kabupaten Sumbawa berada pada PPKM level 2 dinaikkan menjadi PPKM level 3,” ungkap kepala Dinas Kominfotiksandi Sumbawa melalui Plt. Sekretaris Dinas Jufri, S.Si, MM dalam keterangan pers, Sabtu (23/10/2021).

Dijelaskan, tingkat capaian vaksinasi berdasarkan regulasi terakhir dari Kementerian Kesehatan menjadi indikator dalam penentuan level PPKM kabupaten kota.

”Penetapan level wilayah berdasarkan indikator penyesuaian upaya kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial dalam penanggulangan pandemi Covid-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan ditambahkan dengan indikator capaian total vaksinasi dosis satu,” kata Jufri.

Baca juga:  Ratusan Orang Terjaring Operasi Yustisi di Bima

Karenanya, masyarakat diajak untuk berkerjasama untuk menurunkan level PPKM. Mengingat hal ini menjadi indikator tingkat cakupan aktivitas yang diperbolehkan. Sehingga perubahan level PPKM pada level yang lebih tinggi tentu semakin mempersempit cakupan aktivitas masyarakat.

Satgas Penanganan Covid-19 terus melakukan sosialisasi secara berjenjang kepada masyarakat. Mulai dari penerapan Prokes hingga manfaat vaksinasi.

”Fungsi vaksin Covid-19 untuk mencegah penularan, ataupun untuk mencegah seseorang yang sudah tertular agar tidak mengalami gejala yang buruk akibat terinfeksi virus. Upaya terbaik menghindari penularan COVID-19 adalah dengan disiplin protokol kesehatan dan melakukan kegiatan vaksinasi,” tandasnya. (Red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...