Wagub Paparkan Perkembangan Proyek “Tol Langit” di Kawasan NTB

Bagikan berita

MATARAM – Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah mengikuti wawancara New Maker Medcom.id secara virtual, Rabu, 30 Desember 2020 di ruang kerjanya. Wawancara tersebut terkait infrastruktur “Tol Langit” atau Palapa Ring di kawasan NTB.

“Palapa Ring” adalah proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang direncanakan akan menjangkau 34 provinsi, 440 kota/kabupaten, dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer dan kabel di darat sejauh 21.807 kilometer.

Terkait hal ini, Wagub menerangkan, karakteristik NTB sebagai destinasi wisata menjadikan tol langit hal yang sangat penting. Terlebih tahun depan NTB bakal menjadi tuan rumah perhelatan MotoGP.

Menurut Wagub, di NTB masih ada 44 Desa kategori tanpa sinyal seluler dan 65 Desa yang kategori sinyal lemah. Namun hal itu sudah dijanjikan Kemkominfo dan akan diselesaikan pada tahun 2021. Wagub juga menegaskan bahwa ini juga menjadi tanggung jawab perusahaan operator seluler.

Baca juga:  400 Prajurit Dikirim Amankan Perbatasan Indonesia-Timor Leste

Lebih lanjut, Wagub menyatakan kemajuan pengerjaan Palapa Ring sudah mulai dirasakan masyarakat NTB. Contohnya ketika masa pandemi, dimana segala aktivitas dilakukan lebih banyak secara virtual, Tol Langit berdampak luar biasa atas kelancaran aktivitas dan silaturrahim masyarakat.

Wagub berharap, disamping semua kemajuan di NTB, seperti banyaknya wifi area, penyelesaian daerah tanpa sinyal seluler juga dapat diselesaikan pada 2021 nanti.

“Kita bener-bener ikhtiar agar 4G merata di seluruh NTB, khususnya di 44 desa yang masih blankspot, bagaimanapun juga NTB harus bersiap menghadapi event-event internasional di tahun 2021, dan persoalan sinyal menjadi hal yang krusial, sehingga harus diselesaikan bersama,” pungkas Wagub. (red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...