Warga Batu Bulan Harap Jarot-Mokhlis Bisa Dongkrak Harga Jual Petani

Bagikan berita

SUMBAWA – Keyakinan masyarakat akan kemenangan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa H. Syarafuddin Jarot – Ir. Mokhlis semakin menguat.

Berbagai harapan disampaikan kepada pasangan momor urut 5 ini jika nantinya sukses unggul di Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Tokoh agama Desa Batu Bulan Kecamatan Moyo Hulu, H. Syamsuddin menitipkan harapan agar bidang pertanian menjadi program prioritas Jarot-Mokhlis. Salah satunya terkait dengan harga jual hasil pertanian seperti gabah dan jagung.

Menurutnya harga jual gabah petani tahun ini relative murah. Hanya diangka Rp500ribu hingga Rp510 ribu per 100 kilogram. Kondisi ini berbanding terbalik dengan biaya operasional yang relative mahal. Mulai dari biaya bajak, perawatan hingga biaya panen.

Untuk menyiasati kebutuhan biaya operasional, sebagian petani di Batu Bulan terkadang terpaksa harus menjual gabahnya lebih awal sebelum masa panen tiba. Sama seperti berhutang. Petani di sana menyebutnya dengan istilah ‘hutang gabah’. Hutang uang dibayar gabah.

Karena uang dimuka, otomatis hitungan harganya pun berbeda. Dalam 100 kilogram gabah, nyaris dihargakan separuh dari harga normal.

Baca juga:  Penerapan Teknologi Sangat Penting dalam Mewujudkan SIPP yang Baik

Begitu usai panen, sebagian gabah digunakan untuk bayar hutang, sebagian untuk bekal dan sebagian lagi dijual untuk kepentingan lain. Seperti biaya sekolah anak dan lain-lain.

Sama hal dengan harga jagung. Biaya operasional relative mahal, begitu pasca panen harga jualnya merosot tajam.

”Harapan kami kepada Pak Jarot dan Pak Mokhlis kalau nantinya naik menjadi Bupati dan wakil bupati, naikkan harga gabah dan jagung ini,” kata warga Dusun Ai Masam ini, Sabtu (21/11/2020).

Di samping itu, H Syam juga berharap agar masalah sulitnya pengairan dan irigasi di Batu Bulan dapat diatasi. Meski berada di dekat bendungan Batu Bulan, namun masih ada sekitar 30 persen areal lahan petani di desa tersebut belum teraliri air.

Kondisi ini dialami petani yang memiliki lahan di areal sebelah timur ‘olat rea’. Mereka hanya bisa panen sekali setahun. Lantaran jarak antara saluran induk dan lahan cukup jauh.

Baca juga:  Bantuan Tertahan di Orong Telu, FK2D: Pemda Harus Pikirkan Solusi Distribusi

Tokoh masyarakat Batu Bulan lainnya H. Jemantan juga mengungkapkan harapan yang sama. Pria asal Dusun Batu Bulan Desa Batu Bulan ini berharap, jika Jarot-Mokhlis menang, fasilitas umun seperti masjid dan jalan-jalan desa jangan sampai luput dari perhatian.

”Selain harga jual petani, harga jual ternak juga kalau bisa dinaikkan. Masjid dan jalan desa diperbaiki,” harap Haji Mantan, akrabnya disapa.

Dimata kedua tokoh ini, Jarot-Mokhlis adalah pasangan yang tepat memimpin Sumbawa. Di samping memilki latar belakang Birokrat dan Interpreneur berpengalaman, paslon nomor 5 ini juga masih relative muda dan sopan santun dalam bertutur kata.

”Kami senang, karena kalau bicara sopan dan santun,” puji H Mantan yang diiyakan H Syam.

”Cuma kami ingatkan, hangan sampai setelah menang kami rakyat tak lagi dihiraukan,” harapnya, sembari menceritakan pengalaman mendukung pasangan calon lain baik pada Pilkada maupun Pileg yang telah lalu. (red/adv)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...