Warga Desa Giri Sasak Berlomba-lomba Hiasi Lingkungan

Bagikan berita

LOMBOK BARAT,Samotamedia.com – Lomba kampung sehat Polda NTB mendorong warga desa untuk berlomba menghias dan mempercantik desanya. Di Desa Desa Giri Sasak Lombok Barat, contohnya.

Di desa ini, tiap RT berlomba-lomba mengubah wajah kampung supaya enak dipandang mata. Mulai dengan mengkreasikan gapura hingga menghias jalan desa.

Untuk menghias perkampungan mereka, tidak dibutuhkan biaya mahal. Cukup dengan memanfaatkan barang yang mudah didapat di sekitar lingkungan. Seperti bambu, kayu yang terpakai hingga rumput ilalang.

Kepala Desa Giri Sasak Hamdani mengatakan, lomba menghias kampung antar RT itu berlangsung semarak. Hampir semua RT di desanya itu menghias gapura gerbang masuk desa supaya indah dan enak dipandang mata.

”Ini kerasi warga di masing-masing RT desa setempat untuk mempercantik kampung mereka dalam rangka lomba kampung sehat,” katanya.

Baca juga:  Prioritas Kades Olat Rawa 2021, dari BLT DD hingga Tanggul Penahan Banjir

Di samping dalam rangka lomba kampung sehat, lomba tingkat RT ini juga sebagai upaya pemerintah desa untuk menjadikan Giri Sasak sebagai desa wisata.

”Kegiatan ini tidak terlepas dari dukungan Pihak kepolisian, Babinsa, serta Masyarakat itu sendiri yang bersemangat untuk mewujudkan Kampung Sehat,” terangnya.

Sementara itu, Kapolsubsektor Kuripan, Iptu Agus Supriadi, SH mengatakan pihaknya senantiasa siap melakukan pendampingan setiap saat.

”Sebagai pendamping dukungan yang kami berikan, membantu warga dengan menerjunkan personel Polsek Polsubsektor Kuripan,” katanya.

Dikatakan pula, bila membutuhkan personel yang lebih besar, ia siap memohon bantuan Personel Polres Lombok Barat.

”Selain untuk kebersihan dan kesehatan masyarakat, ini juga juga bermanfaat dalam memajukan Pariwisata di Desa Giri Sasak, untuk Ekonomi Kreatif Masyarakat itu sendiri,” imbuhnya.

Baca juga:  Pelantikan Rampung, Kades Terpilih Dilarang Main Pecat

Diharapkan dengan berkembangnya pariwisata di Desa Giri Sasak, dapat meningkatkan ketahan Pangan dan meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Giri Sasak.

”Dengan adanya gapura berbagai bentuk dan kerasi membuat siapa pun yang datang akan tertarik dan akan berkunjung ke Kampung Giri Sasak,” ucapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, kreasi menghias lingkungan itu memang baru kali pertama dilakukan. ”Meski baru perdana, animo warga sangat tinggi. Hal itu dibuktikan dengan antusiasme warga RT untuk memoles habis lingkungannya demi menjadi yang terbaik,” tegasnya.

Kapolsubsektor Kuripan Iptu Agus Supriadi berharap agar warga masyarakat terus berinovasi dan berkreasi namun harus tetap mematuhi protokol kesehatan covid 19, untuk mewujudkan kampung sehat dalam menyambut adaptasi kebiasaan baru. (red)

Bagikan berita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

berita terkait

Cari Berita Lain...